apakah nanah harus dikeularkan?

Selamat malam dok, telapak kaki samping saya pd hari sabtu kemarin terkena panas knalpot motor, sampai pd hari rabu ini muncul seperti nanah didalam jaringan kulit, apakah nanah tsb harus dikeluarkan dok? karna jika terpijit terasa sakit. Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 14/11/2018
Public

Selamat malam sobat,

Kami mengerti kekhawatiran sobat,

Nanah muncul sebagai reaksi alami tubuh ketika melawan infeksi, atau respon peradangan pada tubuh terhadap infeksi bakteri dan kadang juga terhadap jamur.

Infeksi akan menimbulkan nanah ketika bakteri masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka atau terkontaminasi bakteri. Ketika terjadi infeksi di bagian tubuh tertentu, sel darah putih yang akan berkumpul pada bagian tubuh tersebut dan berperang melawan bakteri penyebab infeksi. Selama proses tersebut, banyak sel darah putih dan jaringan tubuh lain di sekitarnya yang mati. Nah, akumulasi sel darah putih dan jaringan tubuh yang mati inilah yang kemudian disebut nanah.

Banyak jenis infeksi yang dapat menyebabkan munculnya nanah. Penyebab yang paling umum adalah infeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Nanah yang terbentuk karena infeksi umumnya di sertai dengan gejala lain. Misalnya pada infeksi atau abses (abses yaitu benjolan yang besar yang berisi nanah dan kotoran yang menumpuk) tanda yang bisa dilihat meliputi kulit yang memerah di sekitar abses, serta area abses yang terlihat membengkak dan terasa sakit. Abses yang sudah berat terjadi di dalam tubuh atau disebut abses internal biasanya menyebabkan gejala berupa demam, meriang, lemas, dan kelelahan. Gejala tersebut mirip dengan gejala flu pada umumnya.

Pada umumnya pengobatan nanah yang muncul di tubuh tergantung dari seberapa seriusnya infeksi. nanah pada kulit yang tergolong ringan dapat sembuh dengan sendirinya, atau mengering dan menghilang tanpa diperlukan perawatan. Namun, nanah berukuran besar sering kali memerlukan pengobatan antibiotik untuk melawan infeksi.

Selain itu pada nanah yang membentuk abses yang lebih dalam, lebih besar, atau lebih sulit dijangkau, diperlukan tindakan medis berupa pengeringan, yakni mengeluarkan nanah dengan jarum steril oleh dokter atau membuat sayatan kecil pada abses. Jika abses sangat besar, dokter mungkin akan memasukkan tabung steril untuk mengeringkan nanah.

Tips untuk percepatan penyembuhan nanah atau mencegah terinfeksinya luka terbuka :
1. Hindari terpaparnya luka terbuka atau luka nanah terhadap kotoran atau infeksi
2. Cuci tangan sebelum memegang luka
3. Makan makanan yang cukup nutrisi atau vitamin sebagai daya tahan tubuh.
4.  Sobat dapat membeli salep yang mengandung anti infeksi atau anti bakteri yang dijual bebas jika terkena luka terbuka.

Jika dirasakan nanah tersebut membesar atau ada gejala yang berat seperti sobat demam 38 derajat atau luka nanah sobat besar atau tidak sembuh dan sangat terasa sakit ataupun sobat sangat khawatir pada luka sobat tersebut, Sobat dapat berkunjung ke klinik agar diperiksa secara langsung oleh dokter agar mendapatkam  pemeriksaan dan diagnosa serta penanganan yang tepat.

Semoga dapat membantu, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Semoga lekas pulih seperti sedia kala ya sobat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.