Apakah ganja hilang di dalam darah,rambu,air sani dll

Met malam dokt saya mau tnya,dokt di tmpt krjan aku akan diadakan tes urin tentang salah gunakan,pertanya aku Apakah yang sudah lama tidak gunakan atau yang brtahun2 ganja masi ada di dalam organ tubuh??mnta pnjlsan dan terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 13/11/2018
Public

Selamat Malam Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Ganja (cannabis) termasuk dalam golongan zat adiktif yang menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan.

Dengan mengkonsumsi ganja, kebanyakan pengguna mengharapkan akan muncul efek berupa perasaan yang tenang, euforia, perubahan persepsi (warna menjadi lebih indah), perlambatan waktu, serta peningkatan persepsi emosional. Namun pada sebagian orang, yang terjadi justru sebaliknya. Konsumsi ganja justru bisa memunculkan efek seperti depresi, paranoid, cemas atau serangan panik. Selain itu, penggunaan ganja dalam waktu lama pun dihubungkan dengan atrofi (penciutan) bagian otak yang disebut dengan hippocampus dan amygdala. Atrofi ini  akan menyebabkan seseorang mudah mengalami gejala psikosis, depresi dan penurunan kognitif.

Ganja memiliki sifat larut dalam lemak. Karenanya, ia dapat bertahan cukup lama dalam lapisan lemak tubuh. Menurut beberapa literatur, ganja masih bisa terdeteksi dalam urin antara 1 minggu hingga 1 bulan setelah terakhir pemakaian. Sedangkan di dalam darah, ganja dapat bertahan hingga 2 minggu dan di rambut dapat bertahan hingga 90 hari. Berapa lama waktu yang di perlukan untuk membersihkan ganja dari dalam tubuh sangat tergantung dari jangka waktu pemakaian dan jumlah ganja yang di konsumsi oleh pengguna . Semakin banyak dan semakin lama mengonsumsi ganja, maka akan semakin lama pula ganja menghilang dari tubuh. Begitu pula sebaliknya.

Semoga membantu dan tetap jauhkan diri dari mengkonsumsi narkoba, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.