Sulit Tidur Karena Depresi

Selamat sore dokter, saya pasien yang depresi dan saya sudah ke psikiater sejak bulan Februari, beberapa bulan sebelumnya saya baik-baik saja sejak minum obat, namun belakangan ini saya sulit tidur. Efeknya badan saya terasa sakit dan kelelahan di aktivitas siang hari. Obat yang terakhir saya minum yaitu Trihexypenydil, Aripiprazole dan Elxion.
Mohon solusi untuk mengatasi sulit tidur yang saya alami. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 12/11/2018
Public

Selamat Malam Sobat,
Terima kasih sudah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Apakah Sobat masih teratur dalam meminum obat, kapankah terakhir sobat berkunjung ke Psikiater?
Depresi adalah gangguan suasana hati yang di sertai dengan gejala emosional dan fisik yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Gejala yang timbul pada orang dapat mengalami gejala depresi secara berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gejala depresi pada malam hari. Depresi malam hari dapat membuat atau memperburuk insomnia, dengan membuat Sobat terjaga lebih lama atau membuat Sobat lebih sulit untuk tertidur.
Untuk mengelola depresi malam hari, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba beberapa cara ini untuk membantu memperbaiki gejala :

  • Meminum obat secara teratur, usahakan jarak antara konsumsi obat selalu sama, dan jangan mendobel dosis jika sobat lupa meminum obat. 
  • Bersantai setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh Anda mulai melambat dan bersiap-siap untuk tidur. Tidur yang baik penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan
  • Lakukan aktivitas penghilang stres. Kegiatan yang menenangkan yang menghilangkan stres seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda menghilangkan stres sebelum tidur.
  • Hindari layar terang. Menurut penelitian bahwa layar terang seperti laptop, tv, handphone dapat meningkatkan gejala depresi terutama layar yang berwarna biru dan putih. Cobalah untuk tidak melihat layar terang setidaknya selama dua jam sebelum tidur, dan gunakan lampu yang remang-remang.
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Kedua hal ini dapat meningkatkan gejala depresi. Kafein di siang hari juga dapat mengganggu tidur Sobat.
  • Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Lakukan rutinitas tidur. Sertakan kegiatan santai seperti membaca atau mandi sebelum tidur. Menonton berita bukanlah rutinitas yang santai.
  • Olahraga rutin. Olahraga membantu meredakan depresi dan dapat membuat Sobat lelah, sehingga menyebabkan tidur nyenyak.
  • Keluarlah di bawah sinar matahari setiap pagi. Ini membantu Anda mengatur jam biologis Anda.
  • Bangunlah jika Anda tidak bisa tidur. Jangan hanya berbaring di tempat tidur memandangi langit-langit, bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang tenang untuk sementara waktu sampai Anda merasa lelah.
  • Senyum dan bersyukur apapun kondisi Sobat.
  • Berinteraksi dengan lingkungan atau kegiatan yang membuat sobat bahagia baik berupa hobi, komunitas dalam mayarakat atau melakukan relaksasi seperti pijat.
  • Hindari komunitas atau pikiran yang membuat Sobat terbebani.

jika Sobat merasakan semakin terasa berat, serta membuat sobat tidak nyaman dan sangat terganggu, Kami sarankan Sobat berkonsultasi kepada Psikiater Sobat, mungkin Psikiater akan memberikan terapi baik obat atau terapi lain nya yang dapat membantu.
Semoga dapat membantu dan semoga Sobat kembali pulih, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.