Tenggorokan terasa sakit ketika makan dan bibir mengering hitam seperti terbakar

Suami saya setelah mengkonsumsi nangka yg dibeli di pinggir jalan mengeluh tenggorokannya sakit. Esok hari semakin sakit untuk dibuat menelan makanan, tak lama bibir mengering menghitam dan terasa panas seperti terbakar serta muncul bintik2 pada telapak tangannya.
Kira2 kenapa ya dok? Sudah saya bawa ke IGD masih belum membaik.
Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/11/2018
Public

Hai sobat,
Kami mengerti kekhawatiran sobat, 
Hal tersebut bisa berkaitan dengan nangka atau juga bisa tidak berkaitan, jika berkaitan dengan nangka atau sesuatu yang sebelumnya dikonsumsi kemungkinan penyebabnya adalah alergi, alergi bermcam2 tingkatnya ada yang hanya sedikit ada yang lumayan tinggi dan tentunya penyembuhannya pun sesuai dengan tingkat keparahannya tersebut.
Kemudian yang bisa jadi tidak berkaitan dengan alergi atau makanan yang dikonsumsi atau mungkin obat-obatan yang sebelum kejadian dikonsumsi bisa jadi adalah suatu infeksi bisa virus atau bakteri. Tentunya di butuhkan pemeriksaan secara langsung. Apakah ada demam atau hal lainnya atau gejala lain selain dikulit seperti muncul bintik dan bibir hitam? Misalnya demam atau sariawan dalam mulut atau bintik yang hanya ditangan atau kaki.
Saran saya jika terlihat mengkhawatirkan sobat dapat menemui dokter umum atau dokter spesialis untuk menentukan diagnosis pasti. 
Semoga dapat membantu dan Semoga suami Bunda segera dipulihkan ya, dan semoga Bunda serta keluarga selalu dalam keadaan sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.