kepala pusing & kulit

sore dokter, saya april umur saya 25 thn, sudah beberapa hari ini saya merasakan pusing terus menerus setiap harinya, kadang pagi,siang ataupun malam hari. padahal saya udah minum obat sakit kepala emang si hilang tapi nanti muncul lagi sakit kepalanya.saya ini kan bekerja sebagai admin di salah satu perusahaan. dan pekerjaan saya kan menghadap komputer terus menerus. kira2 saya ini sakit kepala biasa atau saya sakit di karenakan terlalu lelah bekerja menghadap komputer???
terus yang ke-2 knp ya dok kulit saya tiba2 timbul bercak merah2 ditangan kaya alergi gtu,padahal sebelumnya gk pernah seperti ini, tapi yang anehnya cuma di tangan aja yang timbul bercak merah dan itupun tidak gatel,apalagi klo kena matahari. itu kenapa ya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 08/11/2018
Public

Selamat Malam Sobat,
Pusing seperti apa yang sobat alami? apakah nyeri kepala berputar, atau seperti diremas atau berpusat pada salah satu tempat di muka? apakah ada keluhan lain misal pusing di sertai dengan bagian kanan atau kiri pipi atau bagian dahi? atau hal lain pusing kepala disertai mata yang pening, sakit, atau keluhan mata melihat jauh lebih sulit, atau kah pusing kepala di sertai dengan keadaan otot leher dan bahu yang tegang dan jika dipijat bahu dan leher maka akan terasa lebih ringan.
Dengan keadaan pekerjaan sobat yang lebih banyak posisi duduk dan melihat layar komputer tentu mempunyai peluang pada beberapa penyakit lebih besar, seperti :

  • Gangguan pada mata, beberapa gangguan mata yang dapat terjadi akibat radiasi layar komputer yaitu 1) mata lelah (akibat digunakan terus menerus gejalanya dapat berupa mata berair, pandangan berbayang, sakit kepala), 2) mata kering (yaitu kekurangan cairan pelumas mata di karena kan menatap layar terus menerus di tempat ber AC ataupun tidak) atau dapat juga adanya, 3) gangguan refraksi mata yang tidak disadari  contoh : mata minus (rabun jauh), mata plus (rabun dekat), astigmatisma yang tidak disadari).
  • Nyeri kepala tegang atau Tension Headache : Tidak menutup kemungkinan bahwa mata sobat dalam keadaan baik namun pusing yang sobat rasakan berasal dari Nyeri kepala tipe Tegang yang sangat mungkin merupakan resiko pekerjaan yang butuh duduk lama dan menatap kesatu arah terus menerus. Tension Headache adalah nyeri kepala yang di sertai tekanan di sekitar dahi atau belakang kepala, leher serta terkadang bahu. Beberapa orang mengatakan bahwa hal itu terasa seperti kepala yang diremas. Rasa sakit mungkin lebih kuat atau mereda sepanjang hari, tapi hampir selalu ada.
  • Penyakit kronik lainnya yang dapat menyebabkan nyeri kepala seperti sinusitis, sakit gigi atau beberapa keadaan tensi darah yang tinggi atau rendah atau juga kadar kolesterol yang tinggi.

Beberapa Tips kesehatan untuk menghindari penyakit akibat resiko pekerjaan sobat :

  1. Pola Hidup Sehat : Cukup makanan bergizi tidak terlambat makan, minum air putih yang cukup 8-10 gelas 200 cc perhari. 
  2. Olahraga teratur minimal olahraga untuk menurunkan ketegangan otot-otot, contoh olahraga kaki, tangan berikut jari-jari, olahraga kepala, leher, bahu dan punggung mungkin sangat membantu terapkan 2-4 kali disela-sela kerja durasi cukup hanya 5-15 menit.
  3. Redupkan warna layar komputer agar mata tidak terlalu lelah.
  4. Jangan lupa untuk ber kedip, dengan ber kedip maka cairan pelumas mata akan di keluarkan oleh mata dan di sebarkan ke seluruh permukaan mata sehingga dapat menghindari resiko mata kering.
  5. Sobat dapat menggunakan kacamata anti radiasi ketika menatap layar komputer.
  6. Sobat dapat juga olahraga mata yaitu alihkan pandangan sobat lalu lakukan penglihatan dengan melihat benda jauh lalu benda dekat lalu benda jauh dan kembali dekat bergantian berulang kali, dan gerakan bola mata sobat 360 derajat memutar. Hal ini membantu menghindari kelainan refraksi mata juga mata lelah. 
  7. Cukup istirahat di malam hari, pijatan rileks pada otot yang tegang mungkin dapat membantu.
  8. Suplemen vitamin B kompleks seperti fatigon dan vitamin C seperti ester C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Jika nyeri yang sobat alami setelah mengerjakan tips di atas masih ada, dan sangat mengganggu sobat dapat mengkonsumsi obat anti nyeri yang aman seperti paracetamol. Dan jika sobat masih mengalami hal nyeri tersebut meskipun sudah mengerjakan tips di atas atau sobat sangat merasa terganggu sobat dapat berkunjung ke dokter umum, atau dokter mata untuk melihat apakah ada kelainan pada mata sobat, ataukah hal lainnya seperti nyeri kepala tegang dan kondisi-kondisi lain di tubuh sobat,misal gigi lubang dan lain-lain
untuk pertanyaan mengenai kulit yang merah namun tidak gatal, bisa saja merupakan alergi terhadap zat kimia misal parfum, sabun, lotion. alergi terhadap kontak fisik misalnya sarung tangan, atau alergi terhadap misal tidak sengaja bersentuhan dengan spora tumbuhan ataupun serangga atau nyamuk atau binatang kecil lainnya. Atau dapat juga merupakan alergi terhadap perubahan cuaca iklim. ataupun dapat juga kondisi tubuh yang menurun sehingga kulit yang tadinya tidak sensitif menjadi lebih sensitif contoh ketika daya tahan tubuh rendah, kehamilan, dan lain-lain. Namun jika jumlah kemerahan sedikit dan gatal sobat dapat membeli salep hidrokostison, namun jika tidak mengganggu mudah-mudahan dapat menghilang seiring dengan proses penyembuhan kulit.
Jika sangat mengganggu sebenarnya untuk penyakit kulit dengan keluhan bercak merah dan tidak gatal sangat banyak sekali kemungkinan keadaan penyakit kulit dengan gejala tersebut, sehingga dibutuhkan pemeriksaan secara langsung. Saran saya jika sangat mengganggu sobat dapat ber konsultasi dengan dokter umum, atau dokter spesialis kulit secara langsung, yang mana di butuhkan wawancara, pemeriksaan kulit dan terkadang pemeriksaan laboratorium jika diperlukan.
Semoga dapat membantu, dan Semoga kesehatan Sobat segera cepat pulih dan makin sehat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Salam Sehat untuk Sobat serta Keluarga 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.