ingin kembali normal

selamat malam dok,
jujur sya penderita bulimia sudah bertahun2, akan tetapi tidak smua makanan selalu saya mutahkan kmbali dok, saya tetap makan sehari sekalo/2x ..
dan bulan ini saya blm menstruasi saya sangat takut dok, takut tidak menstruasi lg..
kmrin sudah ke dokter di usg sya normal tidak ada kista dll kata dokter sbntar lg saya mens krna darah sudah 1cm gtu.. saya dikasih obat prothyra yg dikonsumsi selama 10 hari ..

apakah sya bisa menstruasi kmbali dok jika saya tidak berniatan untuk bulimia lg.

atau ini pengaruh obat jadi sya belum mens juga ?

solusinya dok pliss

5 answer

Staff 06/11/2018
Public

Hai Sobat,
Kami mengerti kekhawatiran sobat,
Mengenai hal keterlambatan menstruasi yang sobat alami dapat berhubungan atau dapat juga tidak memiliki hubungan dengan Bulimia sobat, Namun seperti di ketahui bahwa Bulimia dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang juga dapat menyebabkan hormon dalam tubuh terganggu dalam hal ini adalah hormon wanita sobat jika memang memiliki hubungan dengan keterlambatan menstruasi sobat.
Saya jelaskan secara umum dulu ya sobat, Menstruasi merupakan siklus bulanan yang semua wanita alami. Siklus dapat berbeda-beda masing-masing individu. Kisaran siklus normal pada wanita antara 21-35 hari. Siklus terhitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Sebelum terjadinya menstruasi, ada kondisi yang disebut PMS dan gejala yang di tunjukkan bermacam-macam.

Pada usia remaja seperti sobat yaitu 3-5 tahun pertama dari haid pertama kali (pubertas) sering sekali ada perubahan dari siklus dan perdarahan yang terjadi. Hal ini di sebabkan adaptasi tubuh terhadap perubahan hormonal yang terjadi saat awal pubertas. Adanya keterlambatan menstruasi yang Anda alami dapat di sebabkan oleh berbagai kondisi. Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut: 

  1. Adanya kehamilan. Kehamilan terjadi saat terjadinya pertemuan antara sel telur dan sel sperma dan akan terjadi pembuahan dimana hasil pembuahan tersebut akan menempel pada dinding rahim sehingga hal ini menimbulkan menstruasi yang biasanya terjadi setiap bulan tidak akan terjadi. Adanya kehamilan dapat terjadi melalui petting, selama ada kontak sperma dengan vagina sang wanita.
  2. Stres atau kondisi fisik yang lelah. Hal ini terkadang tidak kita rasakan namun tubuh mengirimkan kita sinyal. Ketika kita stress, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu. Selain itu, berat badan bisa naik atau turun secara drastis sebagai akibat dari stres. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Jika menstruasi terlambat di sebabkan oleh stres, disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, luangkan waktu beristirahat dan rutin ber olahraga agar siklus haid kembali lancar.
  3. Adanya kondisi medis yang mendasari. Adanya penyakit yang di derita seseorang dapat mempengaruhi secara keseluruhan di dalam tubuh termasuk hormon. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui ada tidaknya penyakit medis yang mendasari.
  4. Nutrisi yag di konsumsi. Nutrisi dan hidrasi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan secara tidak langsung mempengaruhi hormonal.
  5. Kegemukan atau terlalu kurus dapat menjadi salah satu faktor ketidak teraturan menstruasi.
  6. Merokok, Merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Lalu pertanyaan sobat mengenai obat yang diresepkan oleh dokter sobat, Obat Prothyra yang diberikan oleh dokter kandungan sobat berisi kandungan zat untuk menyeimbangkan hormon yang membantu sobat untuk mendapatkan menstruasi sobat. Dalam hal ini saya saran, sobat tetap meminum obat dari dokter kandungan sobat tersebut sesuai dengan jumlah yang di resepkan. dan jika memang sampai hari berakhirnya sobat meminum di tunggu beberapa hari kemudian dan tidak keluar menstruasi, atau sesuai dengan instruksi dokter kandungan yang sudah memeriksa sobat, sobat dapat juga berkunjung kembali kepada dokter spesialis kandungan tersebut kembali jika memang belum didapatkan menstruasi sobat.
Semoga segera pulih kesehatan sobat, Terapkan pola hidup sehat yaitu makan bergizi serta cukup air putih, olahraga dan hindari prilaku rokok serta konsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat. 
Semoga bermanfaat, Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

#1

waktu di usg dokter bilang ini sbentar lagi haid karena darah nya sudah brda di mna itu saya lupa dan ketebalan sudah 1cm.. tp sampai sekaranh darah belum juga keluar.. kira-kira apa penyebabnya ya dok

#2
Staff 08/11/2018
Public

Hai Sobat, 
Keadaan yang di lihat di USG oleh dokter sobat yaitu dinding rahim yang sedang menebal dan akan di tunggu luruh nya. 
Jadi hal ini berkaitan dengan siklus menstruasi setiap wanita. siklus wanita berhubungan dengan hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron, Nah hormon ini dapat dipengaruhi oleh psikis, stress atau kecapaian, kondisi baru saja pubertas, nutrisi, adanya kehamilan dan lain-lain seperti yang saya jelaskan.
contoh misalnya dalam keadaan siklus 28 hari, maka dari haid hari ke 1 haid sampai dengan hari ke 14 maka yang akan meninggi adalah estrogen, dimana awal hari pertama yaitu luruh nya dinding rahim yang penuh pembuluh darah sampai dengan haid selesai yang berbeda-beda ada yang hari ke 5 selesai atau hari ke 8 selesai, nah setelah selesai haid mulai lah dinding dipenuhi pembuluh darah pelan-pelan dan pada saat pertengahan yaitu hari ke 14 maka sel telur keluar (kadang dinamakan masa subur) dan rahim dindingnya sudah siap dengan pembuluh darah untuk persiapan tempat calon embrio menempel, dan akan terus berkembang dindingnya menebal dengan pembuluh darah (hprmon estrogen mulai menurun di ganti oleh progestron yang mulai meninggi) sampai dengan akhir siklus menstruasi dalam contoh kasus ini sampai dengan hari ke 28. jika terjadi kehamilan maka walaupun sudah masa siklus hari ke 28 pembuluh darah ini tetap akan menebal, begitupun juga dengan kedaan keadaan lain seperti yang sebelumnya saya jelaskan. Nah saat ini dinding rahim sobat sedang menebal yang mana dinding yang kaya akan pembuluh darah sobat yang saya sebutkan dipengaruhi oleh hormon wanita menunggu masa menstruasi, Jika masa menstruasi datang maka dinding rahim yang kaya akan pembuluh darah itu akan keluar berupa darah haid atau darah menstruasi. Jadi Obat yang sobat terima adalah obat untuk menormalkan siklus sobat berupa hormon. yang sudah tentu tepat karena menurut indikasi medis dan pemeriksaan dokter spesialis yang sudah memeriksa sobat.
Semoga dapat membantu ya sobat, Semoga menstruasi sobat segera datang ya, tips saya tetap diminum obatnya sesuai petunjuk, serta pola hidup sehat, dan jangan stres baik psikis atau stress fisik yaitu kecapaian 🙂 

#3

sya takut sekali dok, saya membaca tentang artikel ciri monopuse dini, salah satunya buang air kecil trllu sering, sdangkan saya skrg sering buang air kecil dbanding sblumnya.. makin stress saya dok.. takut tidak menstruasi lagi..

tapi kata dokter saya sbntar lagi menstruasi, obat hari ini terakhir habis tp belum mens juga.

saya takut sekali dok

#4
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.