kutil kelamin..

selamat sore dr..saya wanita usia 26 thun sdah pernah menikah n sdh bercerai 3 thun lalu..sekarang sudh menikah kembali n usia prnikahan 1 thn..maaf dok blkangan sy merasa ada keanehan d bagian vagina n area anus..timbul bintik2 daging kecil yg sy cri tau trnyta itu kutil kelamin..n mrupakan virus HPv..bagimana itu trjadi..apa yg hrus sy lakukan..apakah sdmya sdh trjangkit kanker serviks..n penanganan apa yg shrusnya sy lkukan trlebih dahulu..mohon bntuannya dok. trimksh.

1 Jawaban Dokter

Staff 06/11/2018
Public

Halo sobat,
Keberadaan daging tumbuh pada daerah kelamin dapat berupa kondiloma (kutil akibat infeksi virus HPV) atau penyebab lain misalnya skin tag (lipatan kulit). Oleh karena itu saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter lebih dulu untuk mengetahui apakah benar ini kondiloma atau tidak.
Kondiloma merupakan kutil akibat infeksi HPV. HPV sendiri memiliki banyak strain (variasi spesies) ada yang sangat berkemungkinan menyebabkan kanker serviks ada yang tidak. Orang yang mengalami kondiloma belum tentu mengalami kanker serviks, namun adanya infeksi HPV pada daerah kelamin merupakan salah satu faktor risiko terjadinya infeksi HPV pada mulut rahim.
Saya sarankan sobat tetap berkonsultasi langsung ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut kutil kelaminnya sekaligus memeriksa kemungkinan adanya infeksi pada mulut rahim. sekian jawaban dari saya semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.