saya gatal gatal

gini dok .. gatal2 yang saya alami pertamanya sedikit terus pas digaruk dia makin banyak
terus saya obatin pake salep dan sembuh tapi pas gak diobatin dia gatal lagi
gatalnya ada di selangkangan betis sama kaki kalo di betis dia kering kulitnya dan gatal kalo dikaki dia seperti ada bintik2 dan kalo misal digaruk keluar air dan luka

1 Jawaban Dokter

Staff 02/11/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Gatal pada kulit memiliki cukup banyak penyebab. Beberapa di antara nya :
1. Reaksi alergi contoh suhu udara terlalu panas atau dingin, terkena bahan iritan contoh : detergen, sampo.
2. Infeksi Jamur : biasa berada di tempat lembab kurang terekspos udara,  contoh : selangkangan, dibawah payudara, lipatan ketiak, lipatan sela jari.
3. Infeksi Bakteri, Parasit : Bisa memang sebagai penyebab utama gatal kulit bisa juga merupakan tambahan infeksi misal tadinya infeksi alergi namun karena digaruk dan tereskspos bakteri maka menjadi gatal akibat alergi dan bakteri.
4. Psikologis : biasa keturunan atau atopik dalam keluarga, biasa akan muncul gatal saat daya tahan tubuh rendah contoh : kehamilan, saat menghadapi ujian, rapat dan lain-lain.
Untuk melihat jelas penyebab serta menentukan pengobatan, sebaiknya sobat berkonsultasi langsung dengan dokter untuk hal ini. Dikarenakan Dokter akan melihat langsung bentuk ruam dan gatal yang sobat alami, jika perlu mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan khusus, dan menentukan penyebab gatal ini. Serta menentukan jenis obat apa yang cocok untuk sobat.
Beberapa tips gatal pada kulit :
1. Apabila kondisi kulit sangat kering sampai akhirnya berakhir dengan lecet berair disarankan untuk tidak menggosok dengan sabun sementara waktu dikarenakan PH kulit sedang tidak normal yang ditakutkan memperparah
2. Bila kulit hanya kering sedikit dan sobat lebih merasa kearah alergi karena sering berulang maka disarankan memakai sabun bayi cair ketika mandi. Hindari mandi air yang terlalu panas atau dingin, memakai lotion pelembab kulit agar kulit selalu lembab.
3. Hindari menggaruk garuk daerah gatal, usap usap sebagai gantinya, sehingga gatal tidak bertambah dan tidak timbul luka maupun infeksi
4. Selalu jaga kebersihan kulit Sobat dan kelembaban kulit sobat
5. Berhati hati dengan reaksi alergi kulit terhadap pemakaian kosmetik, losion, sabun, pakaian, dll
6. Kompres dengan air dingin bagian yang gatal, akan mengurangi efek gatal.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Semoga bermanfaat ya Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.