muntah saat haid

Dok,saya berumur 16 tahun. Beberapa bulan terakhir(sekitar 7bulan),setiap menstruasi saya selalu sakit dibagian perut atas bagian kiri. Dan itu disertai mual hingga muntah. Setiap berdiri selalu pusing lalu muntah. Muntahnya bisa 6x berturut turut. Itu kenapa ya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 02/11/2018
Public

Selamat Siang Sobat,

Dismenorea atau Nyeri Haid dalah rasa sakit pada saat menstruasi rahim berkontraksi untuk meluruhkan darah menstruasi. Pada masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak.

Nah zat kimia ini yaitu Prostaglandin yang memicu kontraksi rahim yang lebih kuat, dan dapat menyebabkan efek di organ tubuh lain yang berbeda di setiap individu, contoh : muntah, diare, sakit kepala dan lemas. Beberapa orang memiliki kadar prostaglandin lebih banyak dari orang normal pada umunya sehingga nyeri yang dirasakan mungkin lebih nyeri dibanding orang lain.

Nyeri haid (dismenorea) ini sendiri ada 2 macam.
1. Dismenorea primer : nyeri yang dialami wanita yang tidak di perngaruhi oleh kelainan kandungan pada seseorang seperti kelainan letak posisi rahim dll.
2. Dismenorea sekunder: nyeri yang timbul akibat adanya penyakit kandungan, seperti:
a. Endometriosis: darah yang harusnya berada didalam rahim berada diluar rahim juga seperti di kandung telur dan saluran telur. Sehingga saat menstruasi akan mengalami nyeri yang luar biasa.
b. Radang panggul: peradangan sekitar rahim, kandung telur, dan saluran telur.
c. Stenosis leher rahim: leher rahim yang cenderung kecil mengakibatkan rahim berkontraksi lebih untuk membantu peluruhan darah. 
d. Kelainan letak rahim

Sobat dapat berkonsultasi lamgsung dengan dokter spesialis kandungan untuk melihat apakah mual dan muntah yang sobat alami termasuk dalam dismenorea atau merupakan penyakit tersendiri contoh sobat memang memiliki gastritis atau maag yang kebetulan bersamaan dengan masa haid sobat, atau kah dapat juga sobat memiliki kemungkinan vertigo yaitu pusing berputar disertai mual dan muntah ataukah ternyata hemoglobin darah sobat rendah atau kekurangan darah akibat banyaknya darah yang keluar saat menstruasi atau kah memang yang sobat alami merupakan dismenorea di karenakan masa haid sobat. Mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan USG terhadap sobat.

Semoga bermanfaat ya Sobat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok  🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.