1 Jawaban Dokter

Staff 02/11/2018
Public

Selamat pagi

Berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan amenorrhea:

Pola menstruasi memang belum teratur hingga sekitar 5 – 6 tahun sejak menstruasi pertama kali, pada umumnya seiring bertambahnya usia menstruasi akan menjadi teratur dengan sendirinya
Kehamilan, jika Anda sudah aktif secara seksual
Menyusui
Gejala sindrom pre menopause jika Anda berusia sekitar 50 tahun
Asupan nutrisi yang kurang atau diet yang ekstrim
Penurunan berat badan yang drastis
Ketidakseimbangan hormon
Efek samping penggunaan kontrasepsi hormonal
Aktivitas fisik yang berlebihan
Stres psikologis
Gangguan pada organ reproduksi

Sedangkan keputihan sebenarnya merupakan produksi dari kelenjar yang terdapat di organ reproduksi perempuan, mulai dari rahim, dinding vagina, hingga daerah mulut rahim. Cairan dari kelenjar ini akan membawa serta sel mati dalam organ reproduksi perempuan dan membilas bakteri yang terdapat di sana sehingga organ kewanitaan tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Keputihan normal berwarna jernih hingga kelabu, tidak berbau (dalam artian tidak ada bau busuk menyengat dan amis), dan tidak menyebabkan gatal/panas/perih. Hal ini  wajar dan tidak memerlukan terapi. Akan tetapi jika keputihan mengalami perubahan bau, warna, jumlah meningkat, disertai gatal, panas, perih di kemaluan, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi.

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan karena keluhan Anda telah berlangsung lebih dari 3 bulan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan lanjut apabila diperlukan, untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dan memulai terapi dengan segera.

Semoga dapat membantu dan lekas sembuh ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.