1 Jawaban Dokter

Staff 30/10/2018
Public

Halo Sobat,
Benjolan di dekat kemaluan dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Kista Bartholin: adalah benjolan pada vagina yang terbentuk dari penumpukan lendir  akibat tersumbatnya kelenjar Bartholin yang berfungsi untuk melumasi dinding vagina. Kista Bartholin muncul berupa benjolan kecil berisi cairan yang terletak pada bibir vagina. Kondisi yang dapat berupa benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri ini umumnya tidak terasa sakit dan tidak keras. Namun, benjolan ini dapat terasa sakit jika membesar, terutama saat duduk, berjalan, apalagi saat berhubungan seksual. Dalam ukuran besar, benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri dapat menyebabkan bibir kiri vagina (labia majora) membengkak, hingga lebih besar dari sisi kanan.  Kista yang terinfeksi kemudian akan membengkak, kemerahan, terasa panas dan nyeri, serta benjolan berisi kumpulan nanah. Penderitanya juga dapat mengalami demam tinggi.

 

  • InfeksiBenjolan di kemaluan wanita dapat diakibatkan berbagai jenis infeksi seperti sifilis dan herpes genital. Herpes genital biasanya ditularkan melalui kontak antar kulit dari orang yang telah terinfeksi. Sedangkan infeksi sifilis umumnya bermula dari luka yang tidak menimbulkan rasa sakit di sekitar vulva atau kemaluan. Keduanya  termasuk penyakit menular seksual dan perlu segera mendapatkan penanganan, karena dapat menular pada bayi dalam proses persalinan. Selain itu penyakit kutil kelamin yang disebabkan oleh virus HPV juga dapat menimbulkan beberapa benjolan di vagina.

Sebaiknya Sobat berkonsultasi lebih lanjut pada dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.