Bayi 5 bulan panas dan muntah

Selamat siang dok…
Anak saya umur 5 bulan, setiap malang menjelang pagi badannya selalu panas dan kadang di sertai muntah. anak saya minum sufor saja karna asi saya tidak keluar. Penyebabnya apa ya dok…sehingga anak saya sering panas dan muntah seperti itu, apa karna saya pakai kipas angin ya dok ???
dan bagaimana cara penanganannya dok…mohon bantuanya ya dok…
Terima Kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 30/10/2018
Public

Halo Sobat,
Gejala muntah dan demam pada anak biasanya disebabkan oleh penyakit gastroenteritis. Gastroenteritis adalah salah satu jenis infeksi saluran pencernaan yang gejalanya ditandai dengan mual dan muntah disertai demam dan dapat pula disertai BAB cair. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Yang penting untuk diingat oleh Sobat adalah untuk memberi anak minum air untuk menghindari dehidrasi. Selain itu untuk demam Sobat dapat memberi obat penurun panas seperti parasetamol. Sebaiknya jika anak Sobat terus mengalami muntah dan demam, Sobat dapat membawa anak Sobat berobat di dokter. Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
  1. ma'af dok...apa bayi 5 bulan boleh minum air putih untuk mengihindari dehidrasi? lalu berapa takaran max. yang boleh di berikan kepada bayi saya dok..???
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.