Takut dan ragu

Begini dok,tgl 29 mei 2018 lalu sy tes hpv dan positip trdpt resiko tinggi gnotype 58 dan yg lain 55&43. Tgl 11 okt sy potong jaringan ( biopsi) serviks dan hasilnya sy terkena prakanker level 1.dokter kandungan yg menangani kasus sy ini menganjurkan utk di bedah mengangkat sebagian kecil di bagian yg abnormal di serviks tsb dan di pap smear tiap 6 bl skala 5 th,sy sdh mengatur jadwal tgl 5 desember nanti.yg ingin sy tanyakan apkh dg jln ini akan membuat kembali normal atau dg diangkatnya sebagian sel itu malah akan memperluas jaringan abnormal dan memperburuk keadaan..sy sangat bingung dan takut dok,sy sekarang berada di taiwan

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Apabila semua bagian abnormal sudah diangkat, maka dengan kata lain semua sel prakanker sudah diangkat. Kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker sudah tidak ada.
Sebaliknya, apabila tidak semua bagian abnormal berhasil diangkat, artinya masih ada peluang sel prakanker berkembang menjadi kanker.
Untuk hal ini sobat dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter yang menangani sobat. Dokter yang menangani sobat akan menjelaskan prosedur, efek samping, dan hasil yang diharapkan. Selain itu pula, setelah jaringan abnormal diangkat akan langsung diperiksakan ke bagian patologi anatomi untuk dipastikan apakah semua bagian abnormal telah diangkat. Apabila belum semua jaringan abnormal berhasil diangkat, tentu saja dokter akan menyarankan dilakukannya prosedur tambahan.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.