5 answer

Staff 26/10/2018
Public

Hai sobat,
Saya jawab satu persatu ya.
Pertama bagaimana agar cepat hamil :

Kehamilan tergantung pada berbagai faktor yang tidak jarang sulit diprediksi. Namun, ada beberapa cara cepat hamil setelah menikah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan keturunan.

Peluang besar untuk hamil yaitu jika berhubungan seks ketika masuk masa subur, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur (ovulasi). Sel telur tersebut akan bertahan hidup selama 12-24 jam setelah dilepaskan. Proses ini terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama masa haid jika Anda memiliki siklus normal selama 28 hari.  Atau lebih tepatnya 12-14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya bagi yang memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Kehamilan terjadi ketika sperma membuahi sel telur dalam masa ovulasi ini. Namun meski Anda dan pasangan berhubungan seks sebelum masa tersebut,  sperma yang telah masuk dapat bertahan hidup dalam tubuh wanita hingga 7 hari. Setelah mencapai tuba falopi, sperma dapat menunggu hingga sel telur dilepaskan. Sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir meski kesulitan menghitung masa-masa ovulasi.

Dengan berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi secara teratur, 4 dari 5 wanita sehat akan mengandung dalam waktu setahun masa perencanaan kehamilan. Sementara, pasangan lain akan menunggu lebih lama dan membutuhkan bantuan untuk tahu cara cepat hamil setelah menikah.

Tips agar hamil :

1. Teratur berhubungan seks

Peluang sperma membuahi sel telur terbilang kecil, yaitu hanya pada 4-5 hari menjelang masa-masa ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Maka yang bisa Anda lakukan adalah berhubungan seks dalam periode ini. Masalahnya, penelitian menemukan bahwa tubuh Anda sering tidak berproses tepat waktu seperti mesin. Masa-masa ovulasi dapat bergeser karena banyak faktor seperti stres dan olahraga berlebihan. Bahkan, jika siklus haid Anda tergolong normal, ovulasi dapat terjadi kapan saja. Untuk mencegah risiko bergesernya waktu ovulasi, disarankan untuk berhubungan seks secara rutin setidaknya 3-4 kali seminggu. Pastikan pria memiliki kadar sperma yang cukup dan Anda maupun pasangan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

2. Gaya hidup sehat

Berolahraga teratur dapat meningkatkan tingkat kesuburan. Namun perlu di ingat, berolahraga berlebihan dapat berakibat sebaliknya.Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

3. Periksakan kesehatan untuk menemukan kemungkinan halangan untuk mendapatkan keturunan. Penyakit kronis yang diidap salah seorang pasangan juga dapat memengaruhi peluang hamil.

4. Konsumsi asam folat

Asam folat penting untuk perkembangan janin. Anda di sarankan untuk mengonsumsi tablet asam folat selama masa perencanaan kehamilan dan berlanjut  setidaknya selama tiga bulan awal kehamilan. Selain dalam bentuk suplemen, asam folat secara alami banyak terkandung dalam sayuran seperti brokoli, kacang hijau, bayam, kentang, dan sereal.

5. Hindari hal-hal atau kebiasaan berikut yang dapat mengganggu dan berbahaya :
Merokok, Mengonsumsi minuman keras dan obat terlarang juga berisiko menurunkan tingkat kesuburan dan juga membahayakan calon bayi, mengkonsumsi makanan ber pengawet atau makanan cepat saji.

Pada intinya, hindari kebiasaan yang membahayakan kesehatan dan menurunkan kemungkinan hamil.

Jika sobat sudah melakukan tips trik diatas dan sobat serta pasangan telah lebih 1 tahun berhubungan secara teratur untuk mendapatkan keturunan namun belum berhasil, sobat dapat berkonsultasi kepada dokter kandungan tentang cara cepat hamil dan mempersiapkan kehamilan setelah menikah.
 

#4
Staff 26/10/2018
Public

Pertanyaan kedua bagaimana agar menstruasi lancar :
Siklus menstruasi normal yaitu 21 – 35 hari, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keterlambatan siklus menstruasi, di antaranya :

1. Usia remaja yaitu 3-5 tahun pertama dari haid pertama kali (pubertas) sering sekali ada perubahan dari siklus dan perdarahan yang terjadi. Hal ini di sebabkan adaptasi tubuh terhadap perubahan hormonal yang terjadi saat awal pubertas.

2. Kehamilan, kehamilan terjadi saat terjadinya pertemuan antara sel telur dan sel sperma dan akan terjadi pembuahan dimana hasil pembuahan tersebut akan menempel pada dinding rahim sehingga hal ini menimbulkan menstruasi yang biasanya terjadi setiap bulan tidak akan terjadi.

3. Stres atau kondisi fisik yang lelah. Hal ini terkadang tidak kita rasakan namun tubuh mengirimkan kita sinyal. Ketika kita stress, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu. Selain itu, berat badan bisa naik atau turun secara drastis sebagai akibat dari stres. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Jika menstruasi terlambat di sebabkan oleh stres, di sarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, luangkan waktu beristirahat dan rutin ber olahraga agar siklus haid kembali lancar.

4. Adanya kondisi medis yang mendasari. Adanya penyakit yang di derita seseorang dapat mempengaruhi secara keseluruhan di dalam tubuh termasuk hormon. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui ada tidaknya penyakit medis yang mendasari.

5. Nutrisi yang di konsumsi. Nutrisi dan hidrasi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan secara tidak langsung mempengaruhi hormonal.

6. Kegemukan atau terlalu kurus dapat menjadi salah satu faktor ketidak teraturan menstruasi.

7. Merokok, Merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Untuk dapat memastikan apakah penyebabnya sobat dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dapat berkonsultasi langsung dan di lakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

#5
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.