Batuk sdh 1 bulan tidak sembuh

Saya sedang mengalami batuk yang sdh 1 bulan tidak sembuh
Sy sdh berobat ke dokter umum 2x dan sdh dikasih obat, tapi sampai obat2x itu habis , sudah berkurang frekuensi batuknya tapi belum sembuh benar. Saat ini, batuknya terkadang muncul sekitar 3x dalam sehari, kadang2x lebih. Tapi sekali batuk, akan beberapa kali batuk sampai seakan-akan lubang nafas nya tertutup seperti orang asma, terus sampai mengeluarkan dahak beberapa kali, sampai mata berair terkadang di dada sebelah kiri sakit.
Mohon bantuan diagnosisnya , mengapa batuk saya ini tidak bisa sembuh benar
Terima kasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Untuk menegakkan diagnosis penyakit tidak bisa hanya melalui riwayat keluhan, melainkan harus dilengkapi pemeriksaan fisik dan jika perlu dilakukan pemeriksaan penunjang spt lab,rongent, atau yg dianggap perlu. Apakah sobat merokok?ada riwayat alergi? Adakah keluhan lain seperti demam,mual,muntah,berat badan menurun,keringat malam? Apakah di lingkungan anda ada yg mengalami batuk lama?
Jika memang anda merokok,maka sebaiknya dihentikan dan hindari pencetus alergi jika ada. Jika tetap tidak membaik sobat dapat berkonsultasi kepada dokter kembali,jika perlu dilakukan pemeriksaan rongent,dahak jika perlu berkonsultasi lgs kepada dokter spesialis paru.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.