D lubang pipis ada benjolan seperti biji buah warna nya kmerahan .. kadang terasa gatal .. untuk BAK tudak sakit .. agak nyeri/ngilu kalo habis gatal dan d garuk ..

Baru2 ini saya lihat nya karna sering terasa gatal.slma ini tdak pernah memperhatikan .. karna saya bekerja ktika jam sore atau malam mulai gatal ..
Ini brrbahaya ga dok ? Kalo mau cek pakai bpjs rujukan nya kmana ya ..

1 Jawaban Dokter

Staff 23/10/2018
Public

Halo Sobat,
Benjolan di sekitar lubang BAK dapat disebabkan oleh banyak penyebab antara lain:

  1. Folikulitis, yakni adanya infeksi oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kelenjar atau folikel rambut. Hal ini dapat terjadi karena mencukur, waxing, atau bahkan gesekan. Folikulitis dapat hilang dengan sendirinya dengan cara lebih memperhatikan kebersihan area genital, memakai pakaian yang longgar, dan kompres hangat pada daerah tersebut untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Jika benjolan atau jerawat tidak mengecil, atau justru semakin besar, Sobat dianjurkan untuk segera ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
  2. Kista Bartholin. Ini adalah infeksi yang terjadi pada kelenjar Bartholin dan menyebabkan terkumpulnya nanah di dalamnya. Kelenjar Bartholin terletak di kedua sisi pembukaan vagina yang berfungsi menjaga kelembapan dinding vagina dan melepaskan cairan pelumas ketika berhubungan seksual. Jika sekadar kista, kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan di rumah dengan kompres air hangat, namun ketika abses (nanah) sudah terbentuk, maka penanganan terbaik adalah dengan pengobatan dokter.
  3. Gangguan pada kulit (Dermatitis). merupakan iritasi kulit yang biasanya disebabkan oleh sabun, kain, parfum, atau reaksi alergi seperti lateks pada kondom. Gejala dapat berupa gatal yang parah, perih, dan nyeri. Pengobatan untuk kondisi ini adalah menghindari sumber atau penyebab iritasi dan menghentikan gatal sehingga kulit dapat menyembuhkan. Kompres es atau kompres dingin dapat mengurangi iritasi. Mengoleskan petroleum jelly dapat melindungi kulit. Obat-obatan medis seperti krim kortikosteroid dan antihistamin mungkin diperlukan untuk kasus yang parah.
  4. Herpes genital, salah satu penyakit menular seksual ini disebabkan oleh virus herpes simpleks. Gejala yang dapat dialami adalah adanya luka terbuka atau luka melepuh (seperti bentolan berisi cairan), adanya sensasi rasa perih atau gatal pada area kemaluan, keputihan yang tidak normal, nyeri saat berkemih.
  5. Kutil kelamin. Penyakit menular seksual yang  satu ini menyebabkan kutil muncul pada daerah yang terjangkit. Ukuran, bentuk, dan warna kutil dapat bervariasi. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun terasa gatal dan tidak nyaman.

Sebaiknya Sobat memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika Sobat menggunakan BJPS maka sebaiknya Sobat mengunjungi faskes I untuk diperiksa lebih dahulu oleh dokter umum. Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.