Leher menyempit, susah nafas

Dok, saya sudah melakukan rontgen thorax, kata dokter saya terkena bronkitis tetapi belum parah, tetapi terkadang saya merasakan rasa sakit di tengah punggung,dan jg rasa tdk enak di sekitar leher seperti menyempit gitu dok seperti tercekik dan juga di perut
semntara itu saya juga dalam masa penyembuhan maag.
1. Apakah ada korelasinya maag dengan bronkitis dok? 2. Bagaimana menghilangkan perasaan cemas selama saya sakit maag ini belum hilang?
mohon pencerahan nya ya dok terima kasih sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,
Saya akan menjawab pertanyaan yang sobat tanyakan satu per satu ya:

  1. Secara anatomis, lokasi bronkus dan lambung sebenarnya jauh, sehingga tidak berefek secara langsung. Tetapi bisa saja asam lambung yang keluar dari saluran pencernaan, melukai struktur saluran nafas dan bronkus. Hal tersebut dapat menyebabkan gejala seperti batuk, suara serak, nyeri dada, dan sesak nafas. Konsultasikan dan periksakan diri ke dokter terkait hal ini untuk memastikan penyebabnya.
  2. Untuk hal ini sobat dapat mencoba berkonsultasi langsung ke dokter ataupun psikolog. Sobat juga dapat mencurahkan isi hati ke keluarga ataupun teman yang sobat percayai. Terkadang ada beberapa masalah yang membuat kita merasa cemas, bukan hanya masalah kondisi fisik saja. Menceritakan masalah ke orang lain bisa saja membantu melegakan perasaan cemas sobat.

Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.