Perut memebesar penuh dan terasa kencang jika terllu banyak makan dan jika terlalu kekenyangan langsung bersendawa atau buang angin terus menerus…

Jika saya makan dg porsi bnyak pasti perut saya membesar dan terasa penuh & kencang….dan diperut saya terasa ada yg bergerak seperti orang lapar padahal saya sdg tdk lapar…dan jika saya makan terlalu kekenyangan langsung bersendawa atau buang angin terus menerus…apakah penyakit saya?

1 Jawaban Dokter

Staff 19/10/2018
Public

Halo sobat,
Perut membesar dan terasa kencang setelah makan merupakan hal yang normal, hal ini disebabkan karena lambung terisi oleh makanan dan mulai proses pencernaan. Perut biasanya akan semakin terlihat membesar kalau otot2 perut kendur (misalnya pada orang usia tua atau orang yang tidak melatih otot perut). 
Bersendawa disebabkan karena banyak gas di dalam lambung, normalnya setiap kali kita bernafas dan membuka mulut, udara akan masuk ke dalam lambung. Jadi apabila makan banyak dan terlalu cepat, apalagi sambil berbicara hal ini tentu saja akan meningkatkan jumlah udara yang masuk ke dalam lambung. Selain itu makanan dan minuman tertentu juga dapat menghasilkan gas, seperti minuman berkarbonasi, sayuran kol dan ubis, ubi2an dan lain-lain.
Apabila bersendawa, perut membesar, dan kencang tersebut nyeri dan disertai gejala lain saya sarankan untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi langsung dengan dokter untuk penjelasan lebih lanjut.
Sekian jawaban saya semoga dapat membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.