Lakban Hitam tertelan

saya baru saja menelan lakban hitam ukuran panjang dan lebar 1 cm yg saya tempelkan pada jari saya tapi setelaah saya makan lakban tersebut hilang dan sudah saya cari kemana2 potongan lakban tsb tapi tidak ketemu jg jadi saya asumsikan tertelaan dgn makanan jadi langkah2 apa yg harus saya lakukaan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yg serius ?

1 Jawaban Dokter

Staff 19/10/2018
Public

Selamat Siang Sobat 🙂
Kami mengerti kekhawatiran Sobat,
Lakban berukuran 1cm×1cm, jika tidak sengaja tertelan dan masuk kedalam saluran pencernaan menuju lambung makan akan mengalami serangkaian proses pencernaan digiling didlm lambung lalu kedalam usus, proses tersebut bercampur dan dikeluarkan bersamaan dengan kotoran tinja. Namun hal berbeda jika benda asing atau dalam hal sobat yaitu lakban masuk kedalam saluran pernafasan walaupun kecil kemungkinan tersebut dikarenakan saluran pernafasan sangat kompleks dan kecil. 
Ataupun jika benda asing tersebut berhenti ditenggorokan namun sepertinya dikarenakan berukuran lumayan kecil tidak sampai menutup tenggorokan.
Hal yang dapat sobat lakukan minum air putih banyak dan makan misal nasi dengan kuah dengan tujuan agar lakban tersebut terbawa ke saluran pencernaan dan dicerna serta dapat dikeluarkan bersamaan dengan tinja.
Jika terjadi hal-hal yang dianggap berbeda misal kesulitan bernafas atau hal lain diluar wajar sobat dapat berkunjung langsung ke dokter.
Semoga bermanfaat ya Sobat dan Semoga Sobat selalu diberikan kesehatan 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.