punggung belakang sakit saat bangun tidur

Hallo Dok, saya laki – laki berusia 27 tahun dengan tinggi badan 180cm dan berat bada 100 kg. beberapa hari ini punggung atas saya terasa sakit jika bangun dari tidur. pekerjaan saya tidak mengangkat benda benda berat hanya duduk di depan komputer. saya pikir gejala ini akibat dari kolestrol saya yang naik, tetapi saya sudah minum the chol untuk penuru kolestrol dan ibuprofen tetapi keluhan saya ini tidak kunjung membaik. saya sudah tidak merokok , menggati kasur ,tidak makan berlemak namun keluhan saya masih muncul. bagaimana solusi nya dok ? apa yang harus saya lakukan dengan keluhan saya ini untuk membaik? Teimakasih dok..

1 Jawaban Dokter

Staff 16/10/2018
Public

Halo Sobat,
Nyeri punggung dapat disebabkan oleh banyak penyebab. Namun, sakit punggung tidak disebabkan oleh kolestrol. Sebaiknya Sobat menghentikan penggunaan obat kolestrol jika Sobat belum memeriksa kadar kolestrol Sobat di laboratorium, kecuali Sobat memiliki riwayat kolestrol tinggi dan rutin minum obat kolestrol. 
Berikut ini adalah beberapa jenis nyeri punggung berdasarkan penyebab dan lokasi nyerinya:

  • Frozen shoulder, yaitu kemunculan sakit dan kaku pada leher.
  • Skiatika, yaitu nyeri karena iritasi dan tekanan pada saraf skiatik yang menyebabkan mati rasa atau kesemutan yang menjalar dari punggung bawah melewati bokong hingga telapak kaki.
  • Whiplash, yaitu cedera pada leher karena benturan yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Ankylosing spondylitis, yaitu peradangan kronis yang berdampak kepada tulang belakang, tepatnya di area pertemuan antara tulang belakang dan pelvis.
  • Slipped disc, ketika cakram sendi tulang punggung rusak dan akhirnya menekan saraf yang ada di dekatnya
  • Nyeri punggung yang tidak memiliki sebab yang spesifik atau tidak diketahui. Beberapa kondisi medis diduga turut menjadi pemicu nyeri punggung, yaitu penyakit arthritis.

Sebaiknya Sobat berkonsultasi kepada dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Hal-hal berikut dapat membantu Sobat mengatasi nyeri punggung:

  • Tetap aktif bergerak

Sebelumnya, istirahat dianggap sebagai penanganan yang mungkin dapat meringankan nyeri punggung. Namun kini dipercaya bahwa tubuh yang tidak bergerak aktif dalam jangka panjang justru berakibat buruk bagi punggung. Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat menjadi solusi yang tepat.

  • Obat pereda nyeri

Jika nyeri Sobat tidak mereda dan terasa tidak tertahankan, Sobat dapat mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Pemberian vitamin B12 dapat menjadi pilihan yang layak untuk pengobatan terhadap nyeri punggung kronis, karena beberapa penelitian menyatakan nyeri berkurang setelah pemberian vitamin B12. Vitamin B12 dipercaya dapat memberikan manfaat dalam regenerasi saraf yang cedera seperti pada penekanan saraf tulang belakang. Namun butuh penelitian lebih lanjut terhadap efek antinyeri dan cara kerja vitamin B12 dalam mengatasi nyeri punggung. Pemberian vitamin B12 dapat dikombinasikan dengan obat antinyeri, seperti paracetamol, karena aman dan tidak menimbulkan efek yang merugikan.

  • Berpikir positif

Relaksasi dapat mengurangi ketegangan otot sehingga membantu mengurangi nyeri yang diderita. Penderita yang selalu berpikiran positif juga terbukti lebih cepat sembuh dibandingka penderita yang selalu cemas akan penyakit yang dideritanya.

  • Terapi manual

Kompres panas atau dingin dapat membantu meredakan nyeri. Bentuk-bentuk pengobatan lain dapat dilakukan juga dengan melakukan terapi di klinik atau rumah sakit, antara lain fisioterapi.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.