manfaat daun sirih

dok sy mau bertanya, apakah meminum air rebusan daun sirih dan buah pinang dapat membuat vagina menjadi sempit dan kesat?? karena ada saran dari teman sy, dia sudah melahirkan 5 anak, bodinya kulitnya semua kencang seperti anak gadis, kemudian sy tanya gmn sm suami apakah ada perbedaan sudah punya anak 5 dengan waktu sblm punya anak, dia menjawab 1 minggu 3x dia selalu minum ramuan diatas.. apa bisa berkhasiat dok?? atau ada sisi negatifnya?

2 answer

Staff 15/10/2018
Public

Selamat malam sobat,
Menurut ilmu kedokteran sejauh ini daun sirih biasanya digunakan untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan dan mengatasi keputihan. Belum ada bukti ilmiah mengenai konsumsi daun sirih terhadap kekuatan otot vagina.
Otot vagina merupakan bagian dari otot dasar panggul (pelvic floor muscle), otot ini dapat dilatih dan dikencangkan dengan latihan senam kegel dan latihan “core” yoga. Biasanya otot ini memang mengalami kekenduran seiring dengan bertambahnya usia dan setiap kali melahirkan. Perlu diketahui bahwa sensasi “rapat” atau “kencang” tidak hanya bergantung pada kekuatan otot dasar pelvis tetapi juga tergantung pada seberapa terstimulasi seorang wanita saat melakukan hubungan seksual. Stimulasi seksual yang adekuat sebelum penetrasi akan menyebabkan otot kewanitaan mengalami kontraksi, menyebabkan liang vagina mengalami lubrikasi sehingga dapat menyebabkan sensasi yang lebih “rapat”. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memperhatikan kedua hal ini dibandingkan mengonsumsi suplemen yang belum tentu terbukti khasiatnya.
Sekian jawaban dari saya, untuk informasi lebih lanjut sobat dapat berkonsultasi dengan dokter seksologi, kandungan, dan rehabilitasi medik apabila ada masalah dengan otot kewanitaan.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.