Ruam diwajah,diare disertai darah

Anak laki-laki saya berusia 1,5bln bobot lahir 3kg dan sekarang bobotnya 4,4kg.sejak lahir minum sufor tetapi setelah 1bulan minum sufor muncul ruam diwajah seperti biang keringat dan batuk kata DSA alergi susu sapi akhirnya ganti soya,setelah 1minggu memakai soya anak saya bab seperti sembelit dan berdarah,apakah anak saya alergi susu sapi dan soya,apakah harus memakai susu neocate sedangkan harga neocate yg mahal dan asi saya tidak bisa keluar setiap dipompa hanya dapat antara 2-5ml saja

1 Jawaban Dokter

pertama-tama cek dulu fecesnya bu di lab. bila memang darah di feces bukan karena infeksi, makq kemungkinan memang anak ibu memang alergi. bila anak ibu alergi susu sapi dan soya memang susu yang dapat digunakan antara lain susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

memang masalahnya harganya mahal dan rasanya kurang enak bu.

jalan lain adalah ibu gunakan susu ini, sambil ibu relaktasi agar ASInya keluar. jangan stress, minum booster ASI agar ASI jadi banyak.

bila nanti sudah banyak, dan ibu berikan ASI atau campur sufor dan ASI, maka ibu nya juga harus berhenti mengkonsumsi susu sapi dan menghindari makan makanan yang mengandung susu sapi seperti ice cream, chocolate, pasta, biskuit, keju, roti, mentega, dan semua makanan yang mengandung susu sapi.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.