batuk yang tidak reda

anak saya dari bulan juni sering batuk, munculnya tidak setiap hari tapi sering. setiap kecapean main-main, keluar kena angin2 an , kadang2 batuknya muncul. pernah seharian batuk gak reda tapi skrg batuknya kadang beberapa jam sudah gak batuk lagi. Saya sudah periksakan anak saya ke dokter 2 kali, di kasih obat sembuh tapi muncul lagi setelah obatnya habis. Jadi saya beli obat batuk alergi di apotik, saya kasih ke anak kalo sedang batuk saja, Tapi sifatnya sementara karena besoknya kalo anak saya kecapean, dan bermain2 batuknya muncul lagi. Penanganan yang tepat harus gmn ya??

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Batuk yang dikarenakan alergi memang penanganannya tidaksemudah hanya pemberian obat saja. Berbeda dengan kondisi batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri misalnya, bisa diobati dengan pemberian obat antibiotic. Obat alergi biasanya hanya menekan kondisi radang saat itu saja, yang utama jika memang betul disebabkan oleh alergi, perlu diketahui faktor pencetusnya yang kemudian di hindari faktor pencetusnya.
Jadi, setelah Sudah konfirmasi dari Dokter Yang memeriksa bahwa Anak Sobat terkena batuk alergi, Langkah selanjutnya memastikan faktor pencetus alerginya. Setelah mengetahui nya, se bisa mungkin untuk menghindari atau setidaknya mengurangi paparannya.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat dan berkonsultasi ke Dokter untuk arahan dan tatalaksana lebih lanjut.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.