BAB keluar darah

sudah dua kali BAB keluar dara dalam jumlah yang lumayan banyak, namun tidak terasa nyeri. sebelumnya sudah susah BAB. seminggu mungkin hanya beberapa kali saja atau bahkan tidak pernah. saat BAB, hanya keluar sediki. mohon atas jawabannya. terima kasih sebelumnya. saya sangat menantikan jawaban Anda.

1 Jawaban Dokter

Staff 12/10/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Kami mengerti atas kekawatiran sobat,
Sudah berapa lama sobat susah BAB?
Apakah ada rasanya nyeri, kembung diperut atau ada benjolan keras diperut?
Apakah ada tonjolan daging keluar di anus? Apakah sobat ada riwayat penyakit dahuku yang berhubungan dengan usus, atau daerah anus?
Berapakah umur sobat dan apakah sobat merokok, minum alkohol? Atau mempunyai penyakit hipertensi, obesitas atau penyakit hati atau liver atau hepatitis?
Dikarenakan banyak sekali kemungkinan penyakit daribyang ringan sampai dengan yang berat yang terjadi dengan gejala BAB berdarah disertai dengan sulit BAB.
Berikut beberapa kemungkinan
1. Ringan : makan atau minum yang kurang serat atau sobat kurang minum air yang cukup biasa pada orang yang intake makanan kurang dan dehidrasi, sehingga menimbulkan sulit BAB serta bila BAB mengeluarkan darah, solusi : banyak makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur, minum air yang cukup, yogurtdan agar-agar mungkin dapat membantu.
2. Wasir atau ambeyen, serta benjolan lain pada anus seperti polip.
3. Kelainan pada usus dapat berupa benjolan seperti polip, divertikulitis pada usus, tumor pada usus, atau hanya peradangan infeksi pada usus.
Untuk mengetahui penyebabnya sobat dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter dikarenakan untuk menentukan diagnosa diperlukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab pasti. Sobat dapat menemui dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam.serta sobat dapat melakukan tips diatas untuk penyakit yang ringan ditambah dengan pola hidup sehat.
Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh ya sobat seperti sedia kala..
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Salam Sehat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.