1 Jawaban Dokter

Staff 11/10/2018
Public

Selamat pagi.
Jerawat terbentuk karena kelenjar minyak pada kulit bekerja terlalu aktif sehingga memproduksi minyak dalam jumlah berlebih. Gabungan produksi minyak yang berlebih dan sel kulit dapat menyumbat pori-pori, dan membuat bakteri penyebab jerawat berkembangbiak dan menyebabkan infeksi di kulit.
Jerawat dapat diperburuk oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

Keturunan atau genetik
Hormon
Stres psikologis
Obat-obatan tertentu
Makanan tinggi gula seperti nasi, roti, pasta, permen, coklat, dll
Berikut beberapa langkah perawatan wajah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi jerawat sekaligus mencegah kulit kusam:

Bersihkan kulit dengan mencuci wajah dengan gerakan perlahan sebanyak 1-2 kali per hari (pagi dan malam hari) dan setelah berkeringat
Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak membuat kulit menjadi kering. Membersihkan wajah dengan tekanan yang terlalu kuat dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat bertambah parah.
Saat mengeringkan wajah, cukup lakukan gerakan menekan dengan lembut menggunakan handuk. Hindari gerakan yang menimbulkan gesekan berlebih pada kulit.
Gunakan moisturizer tiap hari untuk menjaga agar kulit tetap lembab. Jika kulit wajah berminyak dan atau berjerawat, gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak.
Lindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih dengan mengoleskan tabir surya SPF 30 atau lebih, termasuk saat hari sedang mendung. Selain itu, batasi aktivitas di bawah sinar matahari antara pukul 10.00 – 14.00. Jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari, aplikasikan ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali.
Seringlah mencuci rambut dengan shampoo. Jika rambut Anda berminyak, keramas 1 kali per hari. Kondisi rambut yang kotor dapat memperburuk jerawat.
Gunakan sabun pencuci muka dan tabir surya yang bersifat non komedogenik dan non aknegenik.
Hindari memecahkan, memijat, atau memegang jerawat untuk mencegah timbulnya bekas luka
Gunakan scrub (eksfoliator) setidaknya seminggu sekali untuk meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga pelembab dapat terserap kulit wajah. Hindari menggunakan eksfoliator jika kulit Anda termasuk kulit kering
Konsumsi air mineral 8 gelas pee hari
Olahraga dan konsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral seperti sayur dan buah
Hindari merokok dan asap rokok karena dapat menyebabkan kulit lebih kusam, lebih lekas berkeriput, dan warna kulit yang tidak merata
Istirahat cukup 7 – 9 jam per hari
Apabila keluhan belum juga membaik dalam 2 minggu, berkonsultasilah langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lanjutan.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.