telinga gatal

Awal mulanya telinga kiri ibu saya berdengung dan gatal. Ibu saya umurnya sekitar 44 th. kemudian ibu saya mengunjungi puskesmas dan diberikan obat tetes, kemudian 3-4 hari kemudian sembuh. tapi kesininya telinga ibu saya sering merasakan gatal berlebih, dan mungkin sering masuk air kalau mandi. Jika gatal itu datang, ibu saya korek pakai lidi yg diberi kapas dan sering berbau amis. Kadang kalau periksa ke dokter umur setelah minum obat, ibu saya langsung meriang. Mohon Solusi nya dok, terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Selamat siang sobat,
Apakah dari lubang telinga ibu anda keluar cairan?apakah pendengaran nya berkurang? Apakah telinga ibu sobat terasa nyeri?
Besar kemungkinan ibu anda mengalami infeksi pada liang telinga. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur atau virus. untuk mengatasinya jika memang terkait infeksi maka diperlukan antibiotik. Yg dapat ibu sobat lakukan adalah menjaga kebersihan telinga, menghindari mengorek2 telinga, menjaga air tidak masuk telinga. Lakukan kontrol kembali kepada dokter puskesmas jika perlu dilakukan perujukkan ke spesialis THT untuk dilakukan irigasi telinga dan pengobatan yg sesuai.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.