belum bisa ngomong

halo dok.. anak saya perempuan usia 2thun 2bln. sampai sekarang anak saya cuma bisa mengucapkan kata-kata mama.papa. minum dan minta susu. kalo di ajak bicara dia tidak pernah mau mendengarkan saya. tpi dia mengerti dg apa yg saya bilang. apakah itu normal dok..?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
perkembangan anak usia 2 tahun, antara lain :

  • Menguasai 50 atau lebih perbendaharaan kata.
  • Mulai menggabungkan dua kata sekaligus, contohnya, “mau makan”.
  • Dapat menyebutkan organ tubuh seperti hidung, telinga atau mata, ataupun benda sederhana di sekelilingnya.
  • Mampu memahami dan menjalankan perintah dari kalimat perintah sederhana, misalnya “Tolong ambilkan mainan itu dan berikan pada ibu”.

Kemudian menjelang usia 3 tahun, maka kemampuan bicaranya akan semakin meningkat dengan perbendaharaan kata yang semakin banyak. Mereka juga mampu menggabungkan 2-3 kata dalam kalimat, serta mulai memahami kalimat instruksi yang lebih rumit dan mengenali warna atau konsep yang lebih rumit.
anak belum mampu mengikuti perintah sederhana. Atau jika anak tidak mengetahui fungsi alat yang digunakan sehari-hari, tidak dapat menggabungkan dua kata, ataupun tidak dapat mengenali organ tubuh yang sering disebutkan.
Permasalahan kemampuan bicara anak 2 tahun juga bisa dicurigai jika anak belum mampu mengajukan pertanyaan sederhana, kesulitan menyanyikan lagu anak-anak yang sering diperdengarkan, atau perkataannya tidak kunjung dipahami oleh keluarga.
Cobalah sobat mengevaluasi kemampuan bicara anak berdasarkan hal ini. Jika masih belum tercapai, dpt sobat konsultasikan dgn dokter anak atau konsultan tumbuh kembang anak. semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.