bagaimana cara mengatasinya

dok … umur saya sekarang 20 tahun.. berat badn saya 90 kg.. biasanya tiap bulan halngan saya lancar.. tetapi akhir2 ini halangan saya kurang lancar. kemarim setelah lebaran saya dapat halangan hampir 1 bulan .. terus setelah 1 bulan melewti halangan itu.. saya halngan lagi d bulan berikutnya ttpi hanya 3 hari saja.. dan skrng dari september ke oktober sdh 2 bulan saya tidak halangan lagi ūüôĀ saya takut nanti akan ada penyakit kanker. gimana solusiny dokter. mohon bntu jawab

1 Jawaban Dokter

Staff 09/10/2018
Public

Halo Sobat,
Menstruasi (haid) adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.
Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.
Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur:

  • Stres

Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon yang bisa menyebabkan terlambat haid.

  • Sedang menderita penyakit tertentu

Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Namun sobat tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat sembuh.

  • Obat

Metode pengobatan atau obat tertentu juga bisa membuat terlambat haid. 

  • ¬†Kegemukan

Terlalu gemuk atau mengarah pada obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab terlambat haid. Pasalnya, saat berat badan berlebihan, hormon secara otomatis akan menggeser siklus menstruasi Anda atau bahkan menghentikannya. 

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    (PCOS) adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.
     
  • Masalah pada tiroid
    Pada bagian leher terdapat kelenjar tiroid (gondok) yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid bermasalah, maka menstruasi juga akan terpengaruh.

Sebaiknya Sobat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.