Susah makan dan berat badan susah naik

Dokter, anak saya laki laki usianya sekarang 12 bulan dan beratnya 8.2 kg. Tiap kali ditimbang BB nya di posyandu kenaikannya cuma sedikit sekitar 2-4 ons dari usia 7 bulan. Kenaikan BB nya cenderung dibawah angka minimal d buku KMS. Di posyandu terakhir malah berat badannya tetap / tdk mengalami kenaikan. Selain itu anak saya juga susah makan. Dan cenderung mau makan jika menunya enak (rasa gurih dan sedap). Pertanyaan saya: 1. Apakah bb anak saya masih dlm taraf normal? 2. Bagaimana mengatasi susah makan? Apakah perlu ditambahkan vitamin penambah nfsu makan? 3. Bagaimana menanggapi preferensi makan anak yg suka makanan gurih sedangkan bayi disarankan utk menghindari konsumsi garam dan gula? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

dari pengetahuan terbaru, gula dan garam boleh diberikan sejak anak berusia diatas 8 bulan bu. jadi, tidak perlu khawatir. ibu berikanlah makanan yang rasanya enak bu. dengan garam dan gula pun tidak masalah. dan perlu bervariasi serta berkualitas (karbohidrat, protein, sayur) harus masuk semua.

suplemen mungkin boleh multivitamin. kalau dengan makanan yang rasanya enak anak mau, berarti tidak perlu penambah nafsu makan bu. menunya saja yang diganti.

berat anak ibu sedikit kurang bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.