1 Jawaban Dokter

Staff 08/10/2018
Public

Halo sobat,
Rubella atau disebut juga campak jerman merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasanya memberikan gejala yang ringan seperti batuk pilek, demam, dan ruam merah pada kulit. Rubella dapat sembuh sendiri dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Yang perlu diperhatikan adalah dampak serius rubella terhadap ibu hamil. Infeksi rubella pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran dan  cacat permanen pada bayi. Oleh karena itu sangat disarankan untuk wanita usia subur melakukan imunisasi rubella untuk mencegah hal ini.
Campak atau measles juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Gejala penyakit ini sama dengan rubella, yaitu batuk pilek, mata merah, dan mucul ruam merah pada kulit, namun penyakit ini dapat memberikan komplikasi berat seperti radang paru2 dan radang otak terutama bagi anak2, sehingga dapat menyebabkan kematian. Pada wanita hamil penyakit campak juga dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan permanen pada bayi. infeksi penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi. 
virus campak dan rubella sangat menular, penularan biasanya terjadi melalui udara akibat batuk atau bersin. Imunisasi dapat mencegah suatu populasi masyarakat terkena penyakit campak dan rubella sekaligus mencegah penularan virus tersebut. Semakin banyak warga yang mendapatkan imunisasi semakin kecil kemungkinan seseorang di daerah tersebut untuk terinfeksi virus campak dan rubella. 
Untuk informasi lebih detil sobat dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk masalah imunisasi rubella dan campak pada kehamilan, dan dokter anak untuk masalah imunisasi campak dan rubella pada anak2
sekian jawaban saya semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.