Sekitaran perut

Adik saya berumur 4 tahun. Pada waktu umur 8 bulan dia pernah di oprasi usus terlipat, dan sekarang dia mengalami keluhan sehabis makan mie gelas, selama 3 hari berturut2 dok adik saya muntah2, dan tidak dapan memampung makanan apapun sama sekali. Mohon penjelasaannya dok, apakah ini ada hubungannya dengan bekas oprasinya?

1 Jawaban Dokter

Staff 05/10/2018
Public

Selamat Pagi,
Kami sangat mengerti kekhawatiran sobat,

Apakah yang sobat maksud riwayat penyakit dahulu adik anda yaitu usus terlipat adalah Intususepsi? Jika benar saya terangkan sedikit tentang Intususepsi. Intususepsi merupakan salah satu dari obstruksi usus, di mana sebagian usus yang terlipat dan menyusup ke dalam bagian usus lain.

Terlipatnya usus akan menyumbat proses penyaluran makanan dan cairan. Pasokan darah pada bagian tersebut akan terhambat, segmen usus yang terkena membengkak dan nyeri. Bila berlanjut, mengakibatkan matinya jaringan-jaringan usus dan keadaan ini berpotensi menginfeksi rongga perut bagian dalam (peritonitis). Bila dibiarkan, bisa terjadi robekan (perforasi). Karena itu, kondisi ini harus ditangani sesegera mungkin.

Keadaan ini paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak berusia 3 tahun ke bawah. Faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko intususepsi. Faktor-faktor risiko tersebut adalah:

1. Usia. Intususepsi lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak.
2. Jenis kelamin. Anak laki-laki memiliki kemungkinan empat kali lebih tinggi untuk mengalami intususepsi dibandingkan dengan anak perempuan.
3. Pernah mengalami intususepsi. Orang yang pernah mengidap intususepsi memiliki risiko kekambuhan.
4. Jika memang ternyata mempunyai kelainan bentuk usus. Cacat lahir pada bentuk usus akan meningkatkan risiko intususepsi.

Namun untuk kondisi adik sobat yang memang memiliki faktor risiko karena dulu pernah mengalami intususepsi, maka bisa jadi yang paling di takutkan mengalami kekambuhan intususepsi yang merupakan suatu kondisi darurat tapi tidak menutup hal lain yang lebih ringan seperti peradangan usus, Infeksi usus yang menyebabkan muntah, typus, Gangguan pencernaan ringan saja. Hal-hal lain pun mungkin saja.

Maka saran saya jika sudah 3 hari tidak bisa makan, dan apalagi tidak bisa minum, hal inu dapat menyebabkan dehidrasi. Sobat dapat berkunjung ke UGD jika kondisi sangat mengkhawatirkan atau dokter spesialis anak jika memang kondisi masih bisa menunggu antrian didokter agar dapat memastikan diagnosis penyakit adik sobat, dokter akan memeriksa secara langsung dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya apakah penyakit adik sobat hanya merupakan gangguan pencernaan saja atau kondisi lain nya, sobat juga serta kan riwayat penyakit terdahulu yaitu riwayat operasi usus terlipat agar dokter dapat langsung memberikan tindakan, atau obat yang sesuai dengan kondisi medis adik anda.

Semoga bermanfaat dan semoga adik sobat segera sembuh, serta keluarga diberikan kesehatan selalu.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya dok 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.