1 Jawaban Dokter

jalan pada anak mulai dari usia 10-15 bulan bu. jadi masih ada waktu untuk memberikan stimulasi optimal. kadang anak hanya masih takut untuk berjalan sendiri. tp bila belum bisa berdiri atau melangkah sendiri saat di tatih, baiknya kontrol ke dokter anak ditakutkan ada problem anatomis.

bicara yg diharapkan anak usia ini adalah babbling bu. jadi selama dia bisa bicara mamamamma, bababababab, dadadadadada itu sudah sesuai usia perkembangan anak.

Banyak sekali faktor anak sulit makan bu. mulai dari anak sedang memasuki fase eksplor sehingga untuk makan anak mulai malas, sedang tumbuh gigi, dll.

Balita kadang menunjukkan kemandiriannya dan berontak untuk menunjukkan kemauannya. ibu harus sabar, bantu untuk ciptakan makanan yang enak dan suasana makan yang menyenangkan.

ibu bisa coba ganti peralatan makan anak. kadang ajak anak untuk memilih piring dan alat makan lain bisa membantu membangkitkan keinginan makan anak. membuat disiplin jam makan juga perlu untuk balita, jadi 1 kali makan tidak boleh lebih dari 1 jam. susu tidak boleh diberikan untuk menggantikan anak yang tidak mau makan. pemberian susu harus paling dekat selang 2 jam dari makan terakhir. Berikan makanan yang bervariasi, kalau bisa makanan keluarga yang rasanya enak, jangan tawar seperti makanan bayi baru belajar makan. coba ajak makan di restoran untuk tau apakah makanannya atau suasanya yang membuat anak tidak mau makan.
Jumlah susu yang diperkenankan maksimal 24 jam adalah 500 ml.

bila tetap tidak mau boleh bantu dengan multi vitamin untuk memenuhi kebutuhan micronutriennya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.