1 Jawaban Dokter

Staff 02/10/2018
Public

Halo Sobat,
Penyembuhan bekas luka bakar sangat bergantung pada tingkat keparahannya. Luka bakar derajat pertama (kulit akan memerah dan sedikit membengkak, luka terasa sakit, tapi biasanya tidak melepuh) biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas luka bakar.
Sedangkan luka bakar derajat dua (berwarna merah, bisa berair dan melepuh, nyeri sekali) dan tiga (berwarna putih pucat atau hitam akibat terbakar, dan melepuh, kulit sekitar menjadi kering dan berwarna putih, hitam atau cokelat, terasa sakit sekali atau mati rasa jika saraf kulit telah hancur) hampir selalu akan meninggalkan bekas luka.
Bekas luka bakar derajat kedua biasanya akan memudar seiring waktu. Sedangkan bekas luka bakar derajat ketiga seringnya membutuhkan prosedur skin graft (pencangkokan kulit) untuk meminimalkan bekas luka.
Berikut adalah beberapa terapi untuk menghilangkan bekas luka bakar:
1. Operasi
Kulit yang terbakar dapat menyebabkan bekas luka yang menyebabkan kulit menjadi kencang dan mengganggu untuk bergerak bebas disebut luka kontraktur. Bekas luka sejenis ini bisa merusak hingga ke dalam kulit sehingga berisiko memengaruhi fungsi saraf dan otot juga.
Perawatan luka bakar jenis ini hanya dapat dilakukan melalui operasi. Fungsinya untuk mengubah bentuk bekas luka dan mengubah posisinya. Selain itu, dimanfaatkan untuk membuat luka tidak lagi ketat menempel pada kulit sekitar sendi agar  dapat bergerak bebas kembali juga.
Yang perlu dipertimbangkan adalah prosedur pembedahan bukan berarti tanpa risiko. Pembedahan selalu akan meninggalkan bekas luka baru dan kemungkinan akan membaik setelah sekitar dua tahun. Ada juga risiko timbul jaringan parut yang mungkin lebih buruk.
2. Terapi sinar laser. Sebuah studi menemukan bahwa terapi ini dinilai aman untuk menangani bekas luka bakar jenis hipertropik, bekas luka yang ditandai dengan kulit yang meninggi berwarna merah atau keunguan. Akan tetapi penanganan dengan cara ini tergolong sangat mahal dan masih baru. Oleh karena itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang dampak dan efek sampingnya.
3. Penggunaan krim yang mengandung vitamin e dan c disertai penggunaan pelembab dan tabir surya.
Sebaiknya Sobat berkonsultasi lebih lanjut pada dokter spesialis kulit dan jangan membeli sendiri krim penghilang luka bakar yang dijual bebas di pasaran. Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.