Bagaimana cara menggemukan badan bagi wanita?

Halo Dok,
Umur saya 23 tahun, badan saya sangat kurus 38kg dan tinggi saya 165cm.
Saya sudah beberapa kali minum vitamin dan susu penggemuk badan tapi hasilnya nihil. Berat badan saya pernah naik hingga 46kg saat rutin minum susu gemuk tapi setelah saya dirawat di RS karna DBD berat badan saya turun kembali.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apa penyebab badan susah gemuk?
2. Apakah harus didampingi dengan olahraga? Karena saya tidak pernah olahraga
3. Apa faktor keturunan adalah penyebab utama?karena kedua orang tua saya dulu mempunyai badan yang kurus
4. Bagaimana pola makan yang benar agar cepat gemuk?

Terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 02/10/2018
Public

Halo Sobat,
Terlebih dahulu Sobat harus mengitung indeks massa tubuh untuk mengetahui berat badan Sobat ada pada rentang ideal atau tidak. Indeks massa tubuh cara menghitungnya adalah berat badan (dalam kilogram), dibagi dengan tinggi badan (dalam meter) dikuadratkan. Maka hasilnya pada Sobat adalah 38 : (1,65×1,65) = 14 . IMT normal Asia berkisar antara 18,5-22,9 , berarti memang berat badan Sobat di bawah normal. Berat badan yang sulit naik bisa diakibatkan karena berbagai keadaan, paling sering disebabkan oleh kebiasaan hidup seperti :

  • Kurang istirahat, kebiasaan begadang
  • Jarang olahraga
  • Stress
  • Kebiasaan meminum minuman beralkohol, merokok, atau menggunakan obat-obatan tertentu

Selain kebiasaan hidup, banyak juga penyakit yang menyebabkan berat badan sulit naik, diantaranya :

  • Penyakit infeksi, misalnya infeksi tuberkulosis
  • Gangguan hormon tiroid
  • Gangguan penyerapan saluran pencernaan
  • Gangguan makan seperti anoreksia nervosa
  • Adanya keganasan (kanker)

Pada beberapa penelitian medis, disebutkan bahwa faktor genetik ikut berperan dalam mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang, sehingga juga dapat mempengaruhi berat badan. Gen yang membawa faktor genetik tersebut berperan dalam memberikan instruksi kepada tubuh untuk proses metabolisme, dan penyesuaian terhadap lingkungan sekitarnya. Maka pada kasus Sobat, terdapat kemungkinan faktor genetik ikut berperan dimana metabolisme tubuh sobat cenderung lebih cepat. Namun faktor ini tidak berdiri sendiri dan dipengaruhi pula oleh hal lain seperti asupan gizi (nutrisi) sehari-hari Anda, aktivitas fisik, lingkungan, dan sebagainya.
Berikut hal-hal yang dapat membantu menaikkan berat badan:

  • Pilih makanan sehat yang kaya dengan nutrisi.
    Cara terbaik untuk mendapatkan badan lebih berisi adalah bukan dengan mengonsumsi sebanyak mungkin makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, melainkan memilih makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang yang tepat.  Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.
  • Makan lebih sering.
    Orang dengan berat badan kurang sering merasa cepat kenyang. Daripada makan dua hingga tiga kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi-porsi yang lebih kecil.
  • Mengonsumsi jus atau smoothies.
    Anda disarankan meminum kalori pada waktu makan, terutama saat Anda tidak berselera mengonsumsi camilan apa pun. Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah dan kacang yang dicampur susu atau yoghurt serta bahan-bahan lain yang disatukan dan diblender. Hindari minuman bersoda, kopi, serta minuman ringan lain yang tidak mengandung nutrisi. Anda juga dapat mengganti camilan dengan segelas jus segar.
  • Mengonsumsi camilan.
    Di sela-sela jam makan utama, konsumsi camilan bernutrisi seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, avokad, salad sayur. Sebisa mungkin batasi makanan-makanan yang diolah dengan cara digoreng (gorengan) dalam rendaman minyak jika ingin menambah berat badan Anda.
  • Tambahkan kalori.
    Tambahkan kalori dalam tiap makanan Anda. Taburkan keju parut pada roti dari biji-bijian utuh, atau telur dadar pada sup ayam Anda. Meski demikian, tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan glukosa (gula darah) atau lemak tidak sehat dalam tubuh.
  • Minum saat makan atau 30 menit sesudah makan.
    Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh kenyang. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya, ini akan membuat tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.
  • Membiasakan diri untuk berolahraga.
    Olahraga yang melatih kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot Anda. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan Anda. Aerobik, angkat beban, bersepeda statis, berenang, dan berlari adalah olahraga yang bisa dicoba. Padukan olahraga dengan konsumsi camilan yang kaya protein, seperti susu cokelat rendah lemak. Minuman ini juga dapat dikonsumsi sebelum tidur.
  • Istirahat dengan cukup.
    Kurangnya waktu dan kualitas tidur berpotensi membuat metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu menjaga berat badan

Jika Sobat ingin berkonsultasi lebih lanjut sobat dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi. Semoga jawaban ini dapat membantu sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.