1 Jawaban Dokter

Staff 28/09/2018
Public

Selamat Siang,
Kami mengerti kekhawatiran Sobat:)
Umur berapa kah Sobat? Berapa lama mimisan yang dialami sobat? Berapa banyak darah yang dikeluarkan, seperti kira-kira 1 sendok makan atau hanya beberapa tetes? Apakah ada keluhan lain nya? Apakah sebelumnya sering mengalami mimisan, dan seperti apa mimisannya? Apakah sobat merokok?
Saya coba jelaskan dahulu ya. Mimisan dapat di kategorikan menjadi dua jenis, yakni mimisan anterior atau posterior, tergantung pada sumber perdarahannya. Terdapat dua penyebab mimisan yang paling umum, yakni udara kering yang membuat membran hidung Anda kering dan rentan terhadap pendarahan atau infeksi, serta mengorek atau mencungkil hidung. Kedua hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami mimisan.
Biasanya, mimisan dapat diatasi dengan pertolongan pertama, di antaranya:
1. Duduklah dan pencet bagian hidung Anda (tepat di atas lubang hidung), setidaknya selama 10-15 menit.
2. Menunduk dan bernapaslah melalui mulut Anda. Hal ini akan mengalirkan darah ke hidung Anda, bukannya di bagian belakang tenggorokan Anda.
3. Tempatkan es atau sekantong sayuran beku yang ditutupi handuk di atas hidung Anda.
4. Jangan berbaring. Posisi duduk atau berdiri dapat mengurangi tekanan darah di pembuluh darah bagian hidung Anda dan dapat menghalangi terjadinya pendarahan lebih lanjut.

Ada beberapa obat mimisan untuk meredakan kondisi mimisan. Namun tetap di butuhkan resep dokter yaitu asam traneksamat, Oxymetazoline, phenylephrine hydrochloride untuk membantu hidung tersumbat dan perdarahan. Namun setiap obat tentu memiliki efek samping dan cara kerja berbeda sehingga sobat tetap harus memeriksakan terlebih dahulu keadaan kesehatan sobat ke dokter jika ingin mengkonsumsi obat tersebut.

Jika sobat sering mengalami mimisan. Beberapa cara ini juga dapat mencegah Sobat mengalami mimisan, seperti:
1. Tetap menjaga kelembapan hidung karena kekeringan dapat meningkatkan risiko mengalami mimisan. 
2. Menggunakan produk saline nasal. Penyemprotan di lubang hidung juga dapat membantu bagian dalam hidung Anda tetap lembab.
3. Gunakan alat pelembap udara (humidifier) di rumah Anda.
4. Hindari merokok, karena merokok dapat mengiritasi dan membuat kering bagian dalam hidung Sobat.
5. Jika Musim sedang kemarau atau udara di luar sedang panas terik, usahakan Sobat menghindari mengorek hidung, lembabkan lubang hidung sobat dan usahakan minum air putih yang cukup agar tubuh ter hidrasi.

Disarankan untuk mencoba beberapa tips di atas. Untuk mimisan yang sedikit dan jarang biasa dapat teratasi sendiri. Namun jika mimisan tersebut berulang (mimisan dapat juga merupakan gejala dari radang infeksi berkepanjangan, salah satu gejala kanker, suatu kondisi kelainan darah, dan lain lain) dan apabila semakin mengkhawatirkan maka di sarankan untuk segera konsultasikan keadaan Sobat pada dokter untuk mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat.
Semoga bermanfaat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya dok, Semoga Sehat Selalu dan Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.