1 Jawaban Dokter

Staff 28/09/2018
Public

Selamat Siang
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok ūüôā
Kami mengerti kekhawatiran sobat,
Menstruasi merupakan siklus bulanan yang semua wanita alami. Siklus dapat berbeda-beda masing-masing individu. Kisaran siklus normal pada wanita antara 21-35 hari. Siklus terhitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Sebelum terjadinya menstruasi, ada kondisi yang disebut PMS dan gejala yang di tunjukkan bermacam-macam.
Pada usia remaja seperti sobat yaitu 3-5 tahun pertama dari haid pertama kali (pubertas) sering sekali ada perubahan dari siklus dan perdarahan yang terjadi. Hal ini di sebabkan adaptasi tubuh terhadap perubahan hormonal yang terjadi saat awal pubertas. Adanya keterlambatan menstruasi yang Anda alami dapat di sebabkan oleh berbagai kondisi. Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut: 

  1. Adanya kehamilan. Kehamilan terjadi saat terjadinya pertemuan antara sel telur dan sel sperma dan akan terjadi pembuahan dimana hasil pembuahan tersebut akan menempel pada dinding rahim sehingga hal ini menimbulkan menstruasi yang biasanya terjadi setiap bulan tidak akan terjadi. Adanya kehamilan dapat terjadi melalui petting, selama ada kontak sperma dengan vagina sang wanita.
  2. Stres atau kondisi fisik yang lelah. Hal ini terkadang tidak kita rasakan namun tubuh mengirimkan kita sinyal. Ketika kita stress, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu. Selain itu, berat badan bisa naik atau turun secara drastis sebagai akibat dari stres. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Jika menstruasi terlambat di sebabkan oleh stres, disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, luangkan waktu beristirahat dan rutin ber olahraga agar siklus haid kembali lancar.
  3. Adanya kondisi medis yang mendasari. Adanya penyakit yang di derita seseorang dapat mempengaruhi secara keseluruhan di dalam tubuh termasuk hormon. Hal ini perlu pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui ada tidaknya penyakit medis yang mendasari.
  4. Nutrisi yag di konsumsi. Nutrisi dan hidrasi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan secara tidak langsung mempengaruhi hormonal.
  5. Kegemukan atau terlalu kurus dapat menjadi salah satu faktor ketidak teraturan menstruasi.
  6. Merokok, Merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Untuk dapat memastikan apakah penyebabnya sobat dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dapat berkonsultasi langsung dan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.