soluso penyembuhan dvt di rumah sendiri

salam dok,
jadi gini dok sebelumnya saya kecelakaan motor dan ada pergeseran tulang di bawah lutut, setelah di urut dan di perbaiki posisinya
saya mengalami bengkak di betis esok harinya ada ruam di samping lutut berwarna merah,

dan kmudian beberapa hari ada ruam juga di bawah mata kaki berwarna ungu gelap kemungkinan mau bengkak juga, akan terasa sakit di betis jika saya ingin berdiri dari tidur atau duduk terlalu lama.
sya bandingkan dengan kaki sebelah kaki yg bermasalah agak hangat di betis dan agak dingin di ujung kaki
lalu sy check di internet kemungkinan mirip dvt bukan ya dok.

pertanyaan saya apa bisa hanya dengan sembuh hanya dengan minum obat tertentu ya dok seperti riveroxaban..?
dan cara efektif untuk menpercepat kesembuhan sendiri di rumah bagaimana ya dok apa istirahat tiduran memperburuknya..,?
berapa lama bisa normal kembali ya dok..?

terima kasih dok..

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
DVT (deep vein thrombosis/trombosis vena dalam) adalah gumpalan darah yg terbentuk pada vena tubuh. biasanya pada kaki bgn bwh atau paha,namun dpt pula terjadi di bgn tubuh lainnya. Penyebabnya beragam, seperti imobilisasi (pergerakkan yg kurang, tll lama berbaring, duduk),operasi,pemakaian pil KB hormonal, dan lainnya. Untuk keluhan sobat, saya sarankan sobat berkonsultasi lgs kepada dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah yg anda alami benar DVT atau bukan shg anda dpt memperoleh pengobatan yg tepat. Sementara yg dpt anda lakukan adalah dgn memakai stoking, mengganjal dgn bantal saat anda berbaring pd area kaki, konsumsi air mineral (hindari teh/kopi). 
Semoga informasi ini bermanfaat. salam sehat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.