1 Jawaban Dokter

Staff 25/09/2018
Public

Halo Sobat,
Mata kedutan (Blefarospasme) merupakan gerakan berulang pada kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba – tiba. Gerakan ini terjadi setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1 sampai dengan 2 menit. Kedutan dapat terjadi mulai dari yang ringan sampai berat. Kedutan ringan dapat disebabkan oleh kelelahan, kurang istirahat, stres, suka mengonsumsi minuman keras atau minuman berkafein secara berlebihan, serta kebiasaan merokok
Kedutan yang harus Sobat waspadai adalah bila kedutan disertai gejala lain seperti mata kabur, keluhan terjadi dalam jangka waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan, kedutan menyebar ke area mata lain, dan bila keluhan disertai sulit membuka kelopak mata atau mata merah. Bila Sobat merasakan hal-hal ini sebaiknya Sobat memeriksakan diri ke dokter spesialis Mata.
Berikut upaya yang dapat Sobat lakukan agar dapat mengurangi kedutan ringan:

  • Istirahat cukup.
  • Membatasi konsumsi kafein, rokok, dan minuman keras.
  • Kondisi lain, seperti mata kering dapat diatasi dengan air mata buatan. Namun sebaiknya periksakan diri ke dokter terlebih dahulu.
  • Kompres hangat mata ketika kedutan mulai terasa.
  • Batasi menatap layar alat elektronik atau gadget, seperti komputer, laptop, atau ponsel. Jika bekerja menggunakan alat tersebut, istirahatkan mata Anda sejenak setiap merasakan ketidanyamanan pada mata.

Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.