nyeri pada perut

Mlem dok..sya merasa bberapa hari ini perut saya nyeri menjalar sampai ke pantat dan paha.kira2 saya sakit apa dan bagaimana solusinya, sebaiknya obat apa yg di anjurkan,terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 19/09/2018
Public

Halo Sobat,
Nyeri pada perut memiliki banyak sekali penyebabnya, tergantung dari lokasi nyeri tersebut. Apakah nyeri yang Sobat alami berlokasi di perut bagian atas, bawah atau samping? Serta sudah berapa lama keluhan nyeri ini Sobat alami? Apakah hilang timbul atau nyeri dirasa terus menerus?
Penyebab nyeri perut berdasarkan organ tubuhnya bisa disebabkan oleh:

  1. Saluran pencernaan: nyeri bisa berasal dari lambung, usus, dan kantung serta saluran empedu. Biasanya nyeri disertai keluhan lain seperti diare, sembelit, kembung, mual dan muntah.
  2. Saluran kemih: keluhan berupa nyeri perut bagian bawah atau nyeri pinggang yang menjalar sampai paha. Nyeri dirasakan hilang timbul, panas ketika buang air kecil, sering buang air kecil, dan kadang disertai demam. Batu kandung kemih dapat berupa nyeri perut bagian bawah, nyeri saat berkemih, merasa ingin selalu buang air dan kesulitan berkemih.
  3. Saluran reproduksi: pada wanita biasanya disertai dengan keluarnya keputihan atau perdarahan. Pada pria biasanya disertai keluarnya nanah atau darah pada air mani. 

Untuk mengetahui penyebab pastinya, Sobat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sehingga pemberian obat disesuaikan dengan penyebabnya. Semoga jawaban ini dapat menbantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.