5 answer

Staff 14/09/2018
Public

Selamat Siang Sobat ūüôā
Kami mengerti kekhawatiran sobat, seperti apa kah rupa benjolan tersebut? Apakah sobat sudah pernah melakukan aktivitas seksual pada organ kelamin sobat? 
Banyak sekali jenis benjolan yang bisa terdapat di kelamin pria, beberapa di antaranya :
Beberapa penyebab munculnya benjolan di penis bisa dilihat di bawah ini :

  1. Pearly papula penis :  Benjolan di penis bisa juga muncul disebabkan oleh pearly papula penis. Benjolan ini muncul dalam ukuran kecil, berwarna sama dengan kulit sekitarnya dan biasanya ditemukan pada area ujung penis. Meski mungkin terkesan menyeramkan bagi pria, namun benjolan ini sendiri merupakan sesuatu yang normal dan bukan disebabkan oleh penyakit menular seksual atau akibat buruknya menjaga kebersihan. Pearly papula tidak menimbulkan gejala dan biasanya akan sembuh meski tanpa pengobatan.
  2. Bintik Fordyce :  Bintik Fordyce merupakan bintik-bintik kekuningan atau putih kecil yang biasanya menginvasi daerah ujung atau batang penis. Bintik-bintik tersebut merupakan kelenjar minyak (sebaceous) tanpa folikel rambut. Umumnya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan.
  3. Lymphocele :  Benjolan yang umumnya tidak bertahan lama dan tidak menyebabkan masalah permanen ini ditandai dengan pembengkakan keras yang tiba-tiba muncul di batang penis setelah masturbasi atau berhubungan seksual. Kondisi ini terjadi ketika saluran getah bening di penis mengalami hambatan sementara.
  4. Kanker penis : Jarang terjadi, kanker penis di tandai dengan munculnya gejala-gejala berupa penebalan atau perubahan warna kulit penis, kemerahan atau ruam pada penis, adanya tumpukan cairan berbau di bawah kulup, atau benjolan kecil yang berkerak.
  5. Penyakit Peyronie :  Benjolan ini adalah salah satu gangguan yang berdampak kepada penis sehingga menimbulkan benjolan. Penyakit Peyronie bisa menunjukkan gejala-gejala berupa munculnya nyeri di batang penis dan penis mengalami bengkok dengan sudut yang aneh saat ereksi.
  6. Kutil kelamin :  Benjolan di penis kemungkinan juga berasal atau merupakan bentuk lain dari kutil kelamin. Kutil di daerah genital ini biasanya muncul ketika seseorang tertular infeksi menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Selain benjolan, kondisi ini berkemungkinan besar menimbulkan rasa sakit, rasa tidak nyaman, dan gatal-gatal. Mereka yang terinfeksi human papillomavirus (HPV) turut berisiko mendapatkan kutil kelamin dalam jumlah sedikit, biasanya berbentuk kumpulan kutil. Namun, ada juga yang mendapatkannya dalam bentuk satu benjolan saja.
  7. Benjolan lainnya : contoh benjolan reaksi alergi, benjolan gigitan serangga dan lain lain yang akan menghilang dengan sendiri nya.

Berikut tips untuk menghindari benjolan akibat infeksi menular seksual : 
1. Hindari aktivitas seksual yang tidak aman
2. Hindari meminjam alat mandi, alat cukur, handuk, baju dan lain-lain.
3. Melakukan vaksinasi HPV penyebab beberapa varian kutil kelamin.
Guna memastikan hal yang sobat alami, maka diperlukan pemeriksaan langsung untuk menentukan diagnosis.
Semoga bermanfaat ya dan semoga benjolan tersebut bukan sesuatu hal yang berbahaya. Dan sobat dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Salam Sehat ūüôā

#1

Terima kasih atas jawabannya dok, dari jawaban yang dokter berikan ada salah satu ciri yang mirip dengan yang saya alami yaitu Bintik Fordyce, Bintik tersebut muncul di area ujung penis dan berwarna agak kekuning. Setelah saya membaca kalo bintik tersebut tidak berbahaya dan tidak memerlukan obat saya sedikit merasa lega dan kalo boleh tau apa penyebabnya dok?

#2
Staff 14/09/2018
Public

Waah leganya.. 
Sampai saat ini sebenernya belum di ketahui pasto apa penyebab munculnya bintik Fordyce. Namun, beberapa penelitian menduga bahwa perkembangan bintik ini terkait dengan perubahan hormon tubuh. Jadi sebenarnya bintik Fordyce ini sudah muncul di kulit kelamin sejak lahir. Namun hanya saja, baru akan terlihat jelas saat masuk masa pubertas, ketika perubahan hormon mulai memperbesar ukuran bintil di kelamin tersebut.
Bintil Fordyce cenderung berdiameter kecil, sekitar 1 sampai 3 milimeter, yang tersebar di beberapa titik. Namun kadang bintil Fordyce juga bisa berkerumun di satu titik saja. Biasanya yang mengalami bintil ini laki-laki lebih banyak dari pada wanita dan selain di penis dapat juga terdapat di skrotum.
Semoga bermanfaat ya sobat, Salam Sehat ūüôā

#4
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.