3 answer

Staff 12/09/2018
Public

Hai,
sepertinya yang dialami oleh Anda adalah fenomena DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness.
Selama tidak ada keluhan lain, atau hanya keluhan pegal-pegal, dan hilang sendiri setelah 2 hari, tidak perlu khawatir. Yang bisa kita lakukan untuk membantu proses pemulihan adalah stretching otot yang pegal dan kompres es.
Untuk tahu apakah olahraga tersebut bermanfaat bagi kesehatan jantung, tentunya harus tahu faktor risiko kesehatan yang Anda miliki.
Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut sesuai kebutuhan Anda. Secara umum, selama masih bisa bicara tanpa terengah-engah saat melakukan olahraga, maka olahraga yang dilakukan sesuai kemampuan kebugaran jantung.
Salam olahraga,
dr. Sophia Hage SpKO

#1

baik dok terimakasih.. tapi saat melakukan olahraga pasti saya terengah2 untuk berbicara

#2
  1. Tergantung intensitas olahraga dan kebugaran Anda, masih mungkin terengah-engah saat olahraga tanpa membahayakan kesehatan jantung. Parameter intensitas olahraga biasanya kita memakai denyut nadi, akan tetapi sangat sulit untuk menghitung denyut nadi saat olahraga kecuali Anda memakai physical activity tracker. Untuk lebih pastinya, silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk tahu faktor risiko kesehatan Anda.
Staff 12/09/2018
Public
  • Tergantung intensitas olahraga dan kebugaran Anda, masih mungkin terengah-engah saat olahraga tanpa membahayakan kesehatan jantung. Parameter intensitas olahraga biasanya kita memakai denyut nadi, akan tetapi sangat sulit untuk menghitung denyut nadi saat olahraga kecuali Anda memakai physical activity tracker. Untuk lebih pastinya, silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk tahu faktor risiko kesehatan Anda.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.