berat badan anak susah naik

dok mau tanya, anak saya laki2 umur 5tahun 3bulan berat badannya hanya 14kg, tp si anak ini lincah dok, dan alhamdulillah jarang sakit, kalopun sakit itu paling batpil saja dan gak pernah berlangsung lama paling hanya 4 hari, itupun jarang2 sakitnya dok, tp kenapa ya dok berat badan anak sy susah sekali naik, padahal makannya banyak, sehari bisa 4x makan gizi nya pun sy perhatikan dari karbo, protein, nabati semua sy perhatikan, tp ko berat badannya stuck disitu terus ya dok? apa anak sy kekurangan gizi dok? apa perlu sy periksakan ke dokter buat tanya perkembangan gizi anak? makasih sebelumnya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 08/09/2018
Public

Selamat siang sobat,
Kalau dilihat dari berat badannya, seharusnya anak laki2 usia 5 tahun 3 bulan memiliki berat sekitar 17-18 kg, jadi anak ibu termasuk berat badan kurang dibandingkan anak seumurannya.
Kenaikan berat badan anak dipengaruhi oleh beberapa hal seperti  asupan makanan, metabolisme, aktivitas fisik, dan laju pertumbuhan.
Seharunsya apabila asupan makanannya melebihi pengeluaran energi untuk beraktivitas dan untuk pertumbuhan berat badan anak akan cenderung naik.
oleh karena itu perlu dibuat perencanaan makanan dengan menghitung energi (kalori) yang masuk dan energi yang keluar dan jenis makanan yang penting semasa pertumbuhan. 
Hal seperti ini dapat sobat konsultasikan lebih detil dengan dokter spesialis anak (terutama yang subspesialis tumbuh kembang anak) atau dapat juga dengan dokter spesialis gizi klinik.
Sekian jawaban saya semoga dapat membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.