1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Untuk mengetahui ada tidaknya nilai kolestrol yg anbnormal,sebaiknya dilakukan pemeriksaan menyeluruh yaitu kolestrol total, trigliserida, HDL dan LDL. Nilai normal biasanya akan disertakan dlm hasil laboratorium. Secara umum :

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Obat2 an kolestrol terdapat dlm berbagai golongan seperti gol. Statin, fibrat yg banyak dipakai. Namun sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi kepad dokter untuk dpt memperoleh pengobatan yg tepat. semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.