diare anak

dok anak sy udh 2 hari ini diare, kmrn ke kamar mandi ada 7x fesesnya cair warna kuning, trs saya ksh lacto b alhamdulillah mlm nya berhenti gak buang2 air, makan juga mau.. tapi ini tadi pagi dia mules2 trs dok tapi yg keluar fesesnya sedikiitt bgt, terus ada lendirnya gt campur berwarna hitam, setiap 15menit sekali kekamar mandi tp yg keluar hanya sedikitt.. Bagaimana ya dok?? kira2 anak sy kena virus atau bakteri? Apa ada cara lain selain untuk pergi ke dokter supaya anak sy seperti biasa lagi

1 Jawaban Dokter

Staff 31/08/2018
Public

selamat siang Bunda 🙂

dalam penanganan diare pada anak yang pertama di lakukan adalah rehidrasi atau pemberian cairan, karena yang ditakutkan adalah kekurangan cairan dan elektrolit bersamaan dengan buang air besar anak bunda tersebut, Bunda dapat melakukan pemberian cairan yang hilang dengan cairan oralit. Bunda dapat melihat jika anak bunda masih bisa minum dan makan maka masih baik.

untuk memgetahui apakah disebabkan virus atau bakteri maka diperlukan pemeriksaan laboratorium. namun dari data IDAI bahwa sebagian besar diare pada anak disebabkan oleh virus. namun bukan berati juga dapat.menyingkirkan adanya dugaan bakteri.

lalu untuk terapi jika virus akan hilang dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang baik, maka pemberian lacto B sudah bagus dan dapat diteruskan, bunda jg dapat memberikan zinc kid selama 10 hari untuk mengembalikan keadaan usus yang baik.

Jika disebabkan bakteri maka diperlukan adanya antibiotik. dan harus menurut petunjuk dokter.

Namun daripada itu baik penyebab virus maupun bakteri yang harus di cermati dalam penanganan diare cairan dan elektrolit. selama anak cukup makan dan minum dan diare tidak berlangsung deras. (contoh kolera : yaitu bab cair deras seperti warna cucian beras).

Bila terdapat tanda-tanda anak dehidrasi sedang-berat segera kunjungi dokter.

semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh ya… 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.