Keram di perut sudah berlangsung selama 3 hari. Perut bagian kiri bawah lebih terasa mengganjal. Itu gejala apa ya dok ?

Maaf dokter. Mau tanya. Kira-kira beberapa hari lalu saya mengalami gejala yang mirip dengan kehamilan. Karena saya sangat berharap untuk hamil. Dan saya pun mengalami pendarahan ditangal rutin saya haid. Saya kira itu adalah pendarahan awal kehamilan. Pendarahan berlangsung 3-4 hari. Dengan intensitas darah yang lebih sedikit dari haid saya biasanya. Warnanya juga berbeda. Pada hari terakhir saya haid keluar segumpalan darah yang padat sekali, persegi panjang, lebih terlihat seperti irisan hati ayam berwarna kemerah-merahan.Saya pernah test pack namun hasilnya negatif. Saya test pack di sore hari. Beberapa hari setelahnya saya mengalami keram di perut bagian bawah, mulut terasa pahit. Keram di perut sudah berlangsung selama 3 hari. Perut bagian kiri bawah lebih terasa mengganjal. Itu gejala apa ya dok ? terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 29/08/2018
Public

Halo Sobat,
Perdarahan yang disertai gumpalan darah dapat disebabkan oleh keguguran atau dalam bahasa medisnya disebut Abortus. Abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi (janin) sebelum usia 20 minggu. Gejala abortus ini berupa perdarahan dari jalan lahir dapat atau tidak disertai dengan gumpalan darah dan nyeri/kram perut bagian bawah. Sebaiknya Sobat memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter spesialis kandungan untuk dapat dilakukan pemeriksaan USG. Semoga jawaban ini dapat menbantu Sobat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.