1) Apakah ada pantangan makan bagi saya? Mengingat saya baru menjalani "operasi kecil" alias menerima sedikit jahitan di bagian luka. 2) Saya belum pernah digigit anjing sebelumnya. Mengingat anjingnya bukan anjing liar, apakah ada kemungkinan luka gigitan tersebut bisa infeksi? Atau mungkin terkena virus tertentu (rabies mungkin)? 3) Apa hal-hal lain yang harus saya lakukan untuk mendukung penyembuhan saya selain mengkonsumsi obat dan mematuhi pantangan makan (jika ada)?

Halo, dok. Saya Yenni. Hari Minggu (19 Agustus 2018) siang kemarin, saya digigit anjing di bagian kaki kanan hingga berdarah. Anjing ini bukan anjing liar, tetapi anjing peliharaan teman. Ada 2 luka yang membentuk garis, dan 1 lagi seperti luka tusukan yang boleh dibilang cukup dalam. Awalnya saya pikir luka yang cukup dalam itu bakal berhenti berdarah. Ternyata sampai sore masih tetap berdarah, walaupun sedikit-sedikit. Sorenya saya langsung ke klinik terdekat untuk segera mendapatkan perawatan medis. Di klinik, dokter mengambil tindakan atas luka saya. 2 luka yang berbentuk garis dibersihkan dan diberi (mungkin) betadine, luka satunya lagi yang agak parah itu dijahit dan diperban. Saya diminta untuk datang kembali 2 hari lagi agar perbannya diganti. Saya juga diberi suntikan yang katanya akan membantu penyembuhan luka (saya lupa apa namanya), dan diberi 2 jenis obat tablet (Samquinor Ciprofloxacin dan Opistan Mefenamic Acid). Begitu meninggalkan klinik, saya baru sadar kalau saya lupa menanyakan sesuatu. Karena itu, saya ingin tanyakan di sini.

1 Jawaban Dokter

Staff 20/08/2018
Public

Halo sobat,
Untuk menghindari infeksi luka disarankan agar luka tersebut tidak terkena air, tidak terlalu banyak bergerak agar tidak berkeringat atau memperlama penyembuhan luka, dan konsumsi antibiotik secara teratur.
Untuk pantangan makanan secara umum sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, seperti telur, daging, dan ikan. Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan / diketahui menyebabkan reaksi alergi terhadap sobat.
Semua gigitan anjing berisiko untuk menularkan virus rabies apabila anjing tersebut sebelumnya tidak pernah di vaksinasi rabies. oleh karena itu sangat disarankan untuk mendapatkan vaksinasi rabies segera (dalam 24 jam setelah luka) setelah terjadi gigitan / luka dari binatang seperti monyet, kucing, anjing, dan tikus. 
Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.