Gatal-gatal dan bintik kemerahan di kulit anak akibat alergi susu sapi

Anak sy usianya 5 bulan 20 hr. Kulitnya timbul bintik merah & gatal dr umur sebulan dok. Sdh pernah dibawa ke dokter dan katanya alergi protein susu sapi. Dikasih salep dan disuruh ganti k susu morinaga bmt soya, tp setelah salepnya habis msh tetap muncul bintik2 merah dan gatalnya. Ke dokter lg dikasih salep lg dan disuruh ganti susu enfamil gentle care. Krn katanya alergi jg sama soya. Tp sampai saat ini msh blm hilang gatal dan bintik merahnya dok. Kata dokter sih disuruh tunggu sampai umur 6 bulan. Tp ini sdh mau mendekati 6 bulan blm ada tanda2nya alerginya hilang. Gimana ya dok ?

1 Jawaban Dokter

bu, kalau memang alergi susu sapi susunya harus susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*). memang bisa juga dengan susu soya. Tp dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

bantu dengan cetirizin minum bu. salepnya stop dulu bu. ganti dengan lotio seperti nor**d atau physi*ge* bu. umumnya di usia 1 thn anak sudah berkurang bu alerginya. kadang ada yg 6 bulan sudah berkurang. tp 80% di usia 1 thn bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.