kurang timbangan dan kurang darah

sore dok saya mau tanya anak saya kan sudah 1 tahun 4 bulan dan timbangannya mesih 7 kilo dan dia baru aja di opname karena kata dokternya kurang timbangan dan darah solusinya disuruh makan banyak tapi anak saya kurang suka makan dipaksa pun pasti di muntahkan nyadia gak suka daging ayam dan ikan sedangkan dokternya menganjurkan di suruh makan banyak ikan dan daging.Anak saya suka makan sayur dan bakso ayam tapi sudah 3 hari ini anak saya gak mau makan nasi maunya makan roti tawar dan buah serta saya kasih susu soya.Kita-kira dok itu bahaya gak ya untuk anak saya karena dia gak mau makan nasi padahal vitamin nya banyak dari sangobion,scotts emulsion dan sirup sari kurma.Apa kah kalau hanya makan roti tawar dan buah serta susu aja itu bermasalah bagi kesehatan anak saya dok.Tolong carikan solusinya dok?

2 answer

nah, pola makan yang baik itu pol makan seimbang bu. jd roti boleh, ikan boleh tp tidak bisa itu saja setiap makan harus ada karbohidratnya protein nya lemak sayur dan buah.

Banyak sekali faktor anak sulit makan bu. mulai dari anak sedang memasuki fase eksplor sehingga untuk makan anak mulai malas, sedang tumbuh gigi, dll.

Balita kadang menunjukkan kemandiriannya dan berontak untuk menunjukkan kemauannya. ibu harus sabar, bantu untuk ciptakan makanan yang enak dan suasana makan yang menyenangkan.

ibu bisa coba ganti peralatan makan anak. kadang ajak anak untuk memilih piring dan alat makan lain bisa membantu membangkitkan keinginan makan anak. membuat disiplin jam makan juga perlu untuk balita, jadi 1 kali makan tidak boleh lebih dari 1 jam. susu tidak boleh diberikan untuk menggantikan anak yang tidak mau makan. pemberian susu harus paling dekat selang 2 jam dari makan terakhir. Berikan makanan yang bervariasi, kalau bisa makanan keluarga yang rasanya enak, jangan tawar seperti makanan bayi baru belajar makan. coba ajak makan di restoran untuk tau apakah makanannya atau suasanya yang membuat anak tidak mau makan.
Jumlah susu yang diperkenankan maksimal 24 jam adalah 500 ml.

bila tetap tidak mau boleh bantu dengan multi vitamin untuk memenuhi kebutuhan micronutriennya.

kalau kurang darahnya akan diterapi sesuai penyebab yang mendasari anemianya.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.