1 Jawaban Dokter

Staff 09/08/2018
Public

Selamat pagi.
Keluhan pusing dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, misalnya:

  • Hipotensi
    Hipotensi adalah kondisi di mana tekanan darah berada di bawah normal (normal: sistolik 90 – 140 / diastolik 60 – 90 mmHg). Untuk mengetahui kadar tekanan darah dengan pasti, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter umum. Minumlah air lebih banyak, serta perbanyak konsumsi ayam, ikan, sayur, buah, dan susu. Jika Anda ingin bangun dari posisi tidur, lakukan secara perlahan dengan duduk terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum Anda berdiri.
  • Hipoglikemia
    Hipoglikemia adalah rendahnya kadar gula dalam darah. Pastikan pola makan yang sehat dan teratur (3 kali makan utama dan 2 kali makanan selingan seperti susu dan buah). Jika Anda menjalankan ibadah puasa, jangan pernah lupa sahur atau terlambat berbuka puasa.
  • Anemia
    Anemia adalah suatu keadaan di mana kadar hemoglobin darah lebih rendah daripada normal (12 – 16 gr/dL pada perempuan yang tidak sedang mengandung dan 14 – 18 gr/dL pada laki – laki). Anda bisa melakukan pemeriksaan sederhana dengan melihat kelopak mata bagian bawah, jika terlihat pucat maka kemungkinan Anda mengalami anemia. Untuk mengetahui kadar hemoglobin dengan pasti, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter umum yang akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Konsumsilah banyak makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi, ayam, hati ayam, ikan, susu, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang dapat membantu agar penyerapan zat besi dalam tubuh terjadi lebih baik, seperti buah atau sayur yang tinggi vitamin C (jeruk, mangga, kiwi, paprika, dll).
  • Vertigo
  • Gangguan pada telinga
  • Penyebab lain

Karena banyaknya kemungkinan penyebab ini, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter umum agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya bila perlu, dan dapat memberikan terapi yang tepat sesuai penyebab.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.