Solusi cara pengobatannya

Pagi Dok,
Saya mau konsultasi dengan penyakit yg dialami anak kami saat ini. Anak kami sekarang sudah berusia 7 tahun, dan semenjak usia 3 tahun, anak kami sudah mengalami penyakit yaitu adanya benjolan pada permukaan telapak kakinya. Benjolan tsbt berisi cairan bening yg muncul beberapa titik. Dan kalau benjolan tsbt kami pecahin jadinya bernanah.
Dulu kami sdh pernah konsultasi sama dokter spesialis kulit, katanya ini alergi dari makanan. Dan resepnya jg ada dikasih obat oles dan anti biotik. Penyakit tsbt sembuh kurang lebih selama 2 tahun dan muncul lagi sampai skrg. Padahal pantangan jenis makanan yg dianjurkan dokter sudah kami larang anak kami.
Yang saya mau tanya, apa penyebabnya dan cara pengobatan yg harus kami lakukan. Kasihan kadang anak kami sampai gk bisa jalan kalau sudah seperti ini. Thanks.

1 Jawaban Dokter

Staff 03/08/2018
Public

Selamat Siang Bunda 🙂
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Adanya benjolan pada permukaan telapak kakinya, Benjolan tersebut berisi cairan bening yg muncul beberapa titik. Bisa dikarenakan beberapa sebab, yaitu :

  • Infeksi kulit baik di sebabkan bakteri atau virus
  • Kista atau abses kulit
  • Benjolan di karenakan alergi

Di karenakan sudah pernah mengalami kejadian serupa kemungkinan bisa saja alergi tersebut berulang. Jika boleh tau alergi makanan apa yang tidak boleh di konsumsi anak di karenakan alergi? Bila misal contoh susu, maka turunan susu misalnya makanan roti atau keju mungkin tidak semua roti atau keju semua merk namun merk atau jajanan roti tertentu dan mungkin beberapa jajanan yang di konsumsi anak di sekolah atau bunda bawakan dari rumah mengandung zat bahan pemicu alergi yang baru.
Di karenakan untuk memastikan apakah benjolan tersebut di karenakan alergi atau merupakan infeksi bakteri, ada baiknya Bunda membawa secara langsung ke dokter spesialis kulit yang dulu pernah merawat anak Bunda sehingga sejalan dengan riwayat anak Bunda atau dokter spesialis anak sub spesialis alergi. Agar dapat di ketahui apa ada penyebab alergi zat lainnya ataukah di karenakan infeksi bakteri atau virus dan lain-lain.
Untuk sementara benjolan tersebut jangan di pecahkan sendiri dirumah ya Bunda di karenakan peralatan dan perawatan luka yang tidak steril dapat mengakibatkan tambahan infeksi bakteri atau virus pada benjolan yang tadinya tidak mengandung bakteri maupun virus.
Semoga bermanfaat dan semoga anak Bunda lekas sembuh ya 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.